48 Pegawai Google Dipecat Gara-Gara Kasus Pelecehan Seksual

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi-Net

    LancangKuning.Com, DW, New York - Direktur Utama Google, Sundar Pichai, mengatakan bahwa perusahaan raksasa teknologi itu sudah memecat 48 karyawan dalam dua tahun terakhir. Pegawai-pegawai itu dicopot dari jabatannya lantaran terkait dengan kasus pelanggaran seksual.

    Mereka yang dipecat juga termasuk 13 eksekutif senior.

    "Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah membuat sejumlah perubahan, termasuk mengambil tindakan tegas yang semakin keras pada perilaku yang tidak pantas oleh orang-orang dalam posisi otoritas," kata Pichai dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari DW, Minggu 28 Oktober 2018.

    Sebelumnya, harian New York Timesmelaporkan bahhwa pencipta Android, Andy Rubin, telah menerima paket pesangon senilai US$ 90 juta ketika meninggalkan perusahaan tersebut, setelah seorang karyawan Googlemenuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

    Namun Pichai menegaskan, tidak satu pun dari 48 karyawan yang dipecat, menerima "bonus".

    "Kami sangat serius untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan inklusif. Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kami meninjau setiap keluhan tentang pelecehan seksual atau perilaku tidak pantas, kami menyelidiki dan mengambil tindakan," tandasnya.

    Pelanggaran seksual di Silicon Valley dan dunia teknologi --termasuk Google-- telah menjadi masalah besar selama bertahun-tahun.

    Sekitar 90% perempuan di industri ini mengaku, mereka menyaksikan perilaku seksis di lingkungan kerja maupun pada konferensi perusahaan, demikian menurut temuan sebuah proyek survei yang disebut "Elephant in the Valley". 

    Selain itu, survei tersebut juga menemukan bahwa 65% persen perempuan melaporkan telah menerima "keuntungan yang tidak diminta" dari atasannya karena alasan seksual. Hasil survei menyebutkan, setengah dari mereka menerima keuntungan lebih dari satu kali.

    Sekalipun beberapa perusahaan teknologi, termasuk Google, menyatakan mereka telah melakukan yang terbaik untuk menghukum pelecehan seksual di tempat kerja, namun perempuan di industri teknologi merasa kebijakan itu belum cukup.

    Sebuah kelompok advokasi "Project Include" yang dipimpin oleh mantan direktur utama Reddit, Ellen Pao, telah menyoroti beberapa cara untuk mempercepat kesetaraan gender dan mengungkap pelanggaran seksual dalam industri teknologi.

    Antara lain dengan membuat kode etik dan membangun transparansi dalam budaya perusahaan. (*)

    Sumber Liputan6

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 48 Pegawai Google Dipecat Gara-Gara Kasus Pelecehan Seksual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar