Tim Siber Bareskrim Telusuri Hoax Surat Panggilan KPK dan 'Coklat1'

Daftar Isi

     

    Keterangan Gambar: Net

     

    LancangKuning.Com, Jakarta - Polri menegaskan sedang mengusut hoax surat panggilan dari KPK ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Penelusuran juga dilakukan terhadap foto viral 'Skenario Coklat1'. 

    "Sedang ditangani oleh Direktorat Siber. Karena hoax kasus yang serius maka Polri akan concern menanganinya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi Sabtu (27/10/2018). 

    Pelaku penyebar hoax ditegaskan Brigjen Dedi dapat dikenakan UU ITE. Penegakan hukum dilakukan agar kasus serupa tidak terulang. 

    "Dikenakan UU ITE agar tidak terjadi secara berulang," ujar Dedi. 

    KPK sebelumnya menegaskan surat seolah-olah panggilan untuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian dipastikan palsu. KPK bersama Polri mengusut penyebaran surat ini. 

    "Ini surat palsu (hoax)," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Jumat (26/10).

    Selain itu, ada juga viral 'email skenario coklat1' yang fotonya menjadi viral di media sosial. Dahnil Anzar Simanjuntak yang namanya masuk dalam data pengirim email, membandingkan penanganan kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet dengan foto viral soal 'Skenario Coklat1'. Dahnil menyebut hoax yang menyerang dirinya lambat ditangani.

    "Termasuk hari ini saya kemudian ada hoaks yang mengatasnamakan e-mail saya. Itu yang bertebaran dimana-mana dan harusnya polisi bisa menindak dengan cepat tanpa harus ada laporan dan sebagainya. Kasus seperti ini harunya cepat. Kalau kami mengalami itu lambat sekali. Kami inginkan kasus semacam ini cepat segera dituntaskan karena kami juga punya hak keadilan, jangan sampai kemudian kami seolah-olah kami tidak mendapatkan keadilan," kata Dahnil usai diperiksa di Polda Metro Jaya, Jumat (26/10). 

    Sumber Detik.Com 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tim Siber Bareskrim Telusuri Hoax Surat Panggilan KPK dan 'Coklat1'
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar