Ruang Lingkup Sistem Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Lingkup sistem informasi pada perusahaan merupakan menyangkut pengumpulan data transaksi harian pengolahan membantu operasional perusahaan merumuskan metode yang akan dipakai dan menginformasikan temuan hasil olah data yang dilakukan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

    Sistem penyusunan formasi dapat digunakan system sama dan system ruang lingkup sedangkan system ruang lingkup merupakan suatu system yang menentukan jumlah dan kualitas pegawai berdasarkan jenis siat dan beban kerja yang dibebankan kepada suatu organisasi.

    Fungsi sistem informasi merupakan meningkatkan aksesibilitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna tanpa dengan perantara sistem informasi menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

    Contoh sistem yang ada di lingkungan kita yaitu

    1. Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem

    2. Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi sistem perangkat lunak sistem perangkat keras sistem jaringan

    3. Rakyat Indonesia yang membentuk beragam sistem di negara kita

    Untuk menyediakan suatu informasi yang digunakan di dalam suatu perencanaan pengendalian pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan untuk menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

    Ruang lingkup teknologi informasi terdiri dari adalah

    • Input technology segala perangkat yang digunakan untuk menangkap data atau informasi dari sumber asalnya

    • Output technology pada umumnya informasi disajikan dalam monitor

    • Software technology

    • Storage technology

    • Communication technology

    • Processing machine

    Ruang lingkup adalah luas subjek yang tercakup ruang lingkup ini berkenan dengan batasan-batasan yang dicakup oleh suatu bidang atau kajian.

    Sistem informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen dalam arti yang sangat luas istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang proses algoritme data dan teknologi.

    Ruang lingkup sistem informasi fungsional adalah

    1. Sistem informasi akuntansi

    2. Sistem informasi pemasaran

    3. Sistem informasi produksi

    4. Sistem informasi manajemen pengendalian produksi

    Ada beberapa contoh sistem informasi adalah

    1. Transaction processing sistem

    2. Knowledge work sistem dan office automation sistem

    3. Informasi management sistem

    4. Decision support sistem

    5. Group decision support sistem

    6. Computer support collaborative work sistem

    7. Executive support sistem

    8. Expert sistem dan artificial intelligent

    Pengertian teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses mendapatkan menyusun menyimpan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan.

    Fungsi sistem informasi suatu manajemen merupakan suatu yang memudahkan bagian manajemen melakukan perencanaan pengawasan serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang di koordinasi nya.

    Sistem informasi manajemen kerap disingkat dengan sim yang berasal dari bahasa inggris yakni management informasi sistem pengertian sim adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian informal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen manusia teknologi serta prosedur dalam akuntansi manajemen.

    Tujuan dari sistem informasi merupakan agar pengelolaan data dan informasi sebuah organisasi dapat menyeluruh terintegrasi terpadu dan menghasilkan informasi cepat dan akurat pengembangan sistem informasi dapat bermanfaat sebagai pendukung proses operasi kegiatan dan aktivitas yang dilakukan di dalam UB.

    Contoh sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari adalah

    • E-learning

    • E-banking

    • E-commerce

    • Sistem layanan mahasiswa

    • Booking online

    • Video call

    • Enterprise resource planning

    • Transaction processing sistem

    Sistem ekonomi merupakan suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi semua kegiatan ekonomi dalam anggota masyarakat baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta berdasarkan prinsip tertentu demi mencapai kemakmuran atau kesejahteraan. (Aini)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Sistem Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar