Manfaat Dan Kegunaan Elektrolit Dalam Kehidupan Sehari Hari

Daftar Isi

    LancangKuning - Anda mungkin sering mendengar iklan TV yang mempromosikan produk larutan elektrolit. Seringkali, iklan produk ini menampilkan orang-orang yang sedang berolahraga atau merasa haus.

    Sebenarnya apa sih elektrolit itu? Apa efek elektrolit pada tubuh manusia? Elektrolit adalah partikel yang menjadi ion bermuatan negatif dan positif saat dilarutkan dalam air. Karena muatan ini, elektrolit menghasilkan reaksi listrik. Respons listrik terhadap ion memainkan peran penting dalam berbagai sistem tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia, darah, keringat dan urine mengandung elektrolit. Kita juga bisa mendapatkan elektrolit dari makanan tertentu.

    Berikut ini adalah jenis elektrolit dan sumbernya. Sodium ditemukan dalam garam, bumbu atau jus tomat; kalium ditemukan dalam pisang, kentang dengan kulit dan yogurt tawar; klorida ditemukan dalam tomat, zaitun, selada dan garam meja. Bayam, kangkung, susu dan sarden semuanya mengandung magnesium, dan magnesium yang terkandung dalam bayam dan biji labu.

    Elektrolit dalam tubuh memiliki berbagai fungsi dalam kerja sel dan berbagai organ. Elektrolit berperan dalam menjaga fungsi saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam basa, dan menjaga air tubuh.

    Kita tahu bahwa larutan elektrolit dapat terurai menjadi ion, sehingga dapat menghantarkan listrik. Selain dapat menghantarkan listrik, larutan elektrolit memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, larutan elektrolit memiliki manfaat sebagai berikut:

    1.Membawa nutrisi ke dalam sel

    2. Singkirkan limbah yang dihasilkan oleh metabolisme sel

    3.Menjaga kerja organ tubuh penting seperti jantung, otot dan otak

    4. Menjaga keseimbangan pH tubuh

    5.Sesuaikan level air dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi

    Beberapa larutan elektrolit yang ada di sekitar kita seperti oralit, batere, garam, air laut dan kapur juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah kelebihan berikut.

    1.ORS

    Nomor satu adalah ORS. Tahukah anda apa itu ORS? ORS merupakan larutan elektrolit yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri diare.

    2.BATERAI

    Berikutnya adalah baterai. Anda yakin sudah familiar dengan baterai? Baterai adalah alat yang digunakan untuk menyimpan energi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari, aki digunakan pada kendaraan bermotor untuk menghidupkan kendaraan. Elektrolit yang terdapat pada baterai biasanya berupa asam sulfat (H2SO4).

     3.GARAM 

    Nah, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan garam meja. Garam dapur pasti bisa berperan dalam penyedap makanan dan stimulasi nafsu makan.

     4. AIR LAUT                        

    Jika kita mendengar laut, yang kita bayangkan adalah "ketika cinta ditolak oleh himpitan  laut, kita akan mendapatkan berbagai manfaat seperti memperlancar peredaran darah, memperkuat otot jantung, memperlancar sistem pernafasan, meningkatkan produksi sel darah merah, menyehatkan kulit dan mengatasi flek paru pada anak.

     5.JERUK NIPIS

    Jeruk nipis atau asam sitrat dapat digunakan sebagai pengawet alami, penambah rasa, dan penghambat pembentukan batu ginjal.

    Inilah manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kamu tahu kan?

    Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh Dalam beberapa kasus, kadar elektrolit dapat menjadi lebih rendah atau lebih tinggi, menyebabkan ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan elektrolit biasanya disebabkan oleh dehidrasi, yang disebabkan oleh keringat berlebih, muntah atau diare. Ketidakseimbangan elektrolit juga dapat terjadi ketika seseorang menderita berbagai penyakit atau sedang menerima perawatan tertentu. Beberapa penyakit, penyakit dan kondisi ini dapat memicu ketidakseimbangan elektrolit:

    Penyakit ginjal, gangguan makan, luka bakar hebat, gagal jantung kongestif, gangguan makan, seperti bulimia di usia tua, karena fungsi ginjal akan menurun seiring bertambahnya usia. Jalani pengobatan kanker dan minum diuretik. Jika gangguan elektrolit Anda ringan, Anda mungkin tidak mengalami gejala apa pun tetapi dari sudut pandang yang parah, orang akan menemui tanda-tanda berikut: Kelelahan, aritmia, pusing dan kebingungan, keram dan kelemahan otot, serangan sakit kepala.

    Tetapi dari sudut pandang yang parah, orang akan menemui tanda-tanda berikut. Kelelahan, aritmia, pusing dan kebingungan, keram dan kelemahan otot, sakit kepala, kejang. (MUHAMMAD RAHMADANI)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Dan Kegunaan Elektrolit Dalam Kehidupan Sehari Hari
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar