Prospek Kerja Ilmu Administrasi Perkantoran

Daftar Isi

    LancangKuning Administrasi perkantoran merupakan serangkaian aktivitas rutin yang ada dalam suatu organisasi yang memiliki hubungan dengan pengelolaan data dan juga informasi agar mencapai suatu tujuan organisasi secara sistematik.

    Berikut ini kami mengulas tentang prospek kerja administrasi perkantoran, yaitu:

    1. Resepsionis
      Hampir disemua perusahaan swasta ataupun negeri membutuhkan seorang resepsionis. Dan tidak heran jika banyak lowongan kerja untuk seseorang lulusan administrasi perkantoran untuk dapat mengisi posisi ini. Tidak hanya dapat menjadi resepsionis perusahaan saja, namun dapat menjadi resepsionis hotel atau resepsionis lainnya.
    2. Sekretaris
      Teknik pengerjaan dalam sekretaris ini biasanya melakukan yang terkait dengan pengarsipan dokumen, pembuatan jadwal, dan surat menyurat lainnya. Di bidang sekretaris ini biasanya dicari seorang perempuan untuk menjadi sekretaris, karena perempuan selalu dinilai di tingkat keuletannya dan ketelitian baik khususnya dalam bidang kesekretariatan.
      Namun jika kamu masih fresh graduate atau baru lulus dari perguruan tinggi, maka biasanya akan ditawari diposisi asisten sekretaris terlebih dahulu.
    3. Staff Administrasi
      Dalam jurusan administrasi perkantoran ini tidak jauh dari pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi. Sehingga kamu yang memiliki minat untuk berkarir dalam bidang yang sama, maka kamu dapat masuk menjadi seorang staff administrasi.
      Hampir di semua perusahaan yang membutuhkan seorang staff administrasi. Sehingga banyak peluang kerja kamu di perusahaan manapun baik swasta maupun negeri.
    4. Seorang Pengajar
      Jika kamu tertarik dalam dunia akademis, kamu dapat berkarir menjadi seorang pengajar di SMK. Karena, tidak hanya di bangku kuliah saja, tetapi dalam bidang administrasi perkantoran yang ada di SMK atau sekolah kejuruan. Dan setara dengan SMA, namun SMA lebih fokus pada satu bidang ilmu.
      Jika jenjang pendidikan kamu lebih tinggi, S1 ataupun D3 maka akan memungkinkan untuk dapat mengajar di jurusan ini. Dan untuk kisaran gajinya bisa sampai 1-3 juta, namun tergantung dengan seberapa lama kamu bekerja sebagai seorang pengajar.
    5. Staff Personalia
      Staff personalia akan berhubungan dengan yang namanya administrasi perkantoran yang mengurus administrasi karyawan. Untuk seseorang yang lulusan administrasi perkantoran, maka di bidang pekerjaan ini tidak akan membuatnya sulit atau bahkan akan membuatnya terasa lebih mudah, sebab lulusan administrasi perkantoran telah memahami tentang bagaimana bidang keilmuannya. Dan untuk gajinya, sekitar 2-5 juta rupiah.
    6. Event Organizer (EO)
      Jika kamu tertarik dalam mengurusi sebuah kegiatan secara besar, maka kamu dapat mencoba untuk menjadi Event Organizer mandiri, ataupun membuat tim sendiri. Karena pada dasarnya, dalam membuat sebuah acara agar dapat berjalan dengan lancar, maka keahlian dalam bidang administrasi akan sangat diperlukan.
      Hal ini membuat seseorang yang lulusan administrasi perkantoran memiliki banyak peluang dalam bidang pekerjaan ini.
    7. Staff Operasional Pameran
      Menjadi seorang staff operasional pameran tidak jauh dalam bidang keilmuan administrasi perkantoran. Disini akan diberikan tanggung jawab dalam mengatur acara atau pameran.
    8. Menjadi Personal Asisten
      Pada beberapa orang biasanya membutuhkan seorang personal asisten, contohnya seperti dosen, professor, ataupun pimpinan sebuah perusahaan. Hal ini tak heran jika tawaran menjadi personal asisten kerap datang pada kamu dalam lulusan administrasi perkantoran.
    9. Seorang PNS ataupun pegawai BUMN
      Jika kamu ingin menjalani karir yang stabil dengan gaji tetap, kamu dapat mencoba untuk berkarir menjadi seorang PNS ataupun pegawai BUMN untuk kamu. Hampir semua perusahaan BUMN membutuhkan administrasi perkantoran. Meskipun perusahaan bergerak di bidang Migas ataupun Kelautan, maka administrasi perkantoran akan dibutuhkan.

    Karakteristik mahasiswa jurusan Administrasi Perkantoran

    1. Teliti
      Ketelitian juga akan digunakan untuk para mahasiswa yang akan belajar mengenai bagaimana melakukan berbagai macam pengarsipan dokumen. Ketelitian dalam dunia kerja professional juga akan digunakan, jika tidak teliti maka pekerjaan kamu akan berantakan.
    2. Tekun
      Tekun akan digunakan di jurusan ini, karena pada dasarnya sebuah pekerjaan anda akan berhubungan dengan proses administrasi secara khusus ataupun umum.
    3. Detail dan krisis
      Kamu diperlukan untuk bisa menemukan suatu kesalahan secara detail. Jika adanya suatu pertimbangan yang perlu dilakukan, maka kamu perlu bersikap kritis dan juga rasional.
    4. Terstruktur
      Dalam bidang administrasi perkantoran, akan membutuhkan karakter seseorang yang terbiasa dalam melakukan pekerjaan dengan terstruktur rapi. Jika kamu dihadapkan dengan banyak deadline, maka jangan sampai deadline yang dihadapi menjadi berantakan atau bahkan melewati waktu yang telah ditentukan.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Administrasi Perkantoran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar