3 Teknik Pengolahan Limbah Keras

Daftar Isi

    LancangKuning Limbah merupakan suatu sisa dari sampah untuk dapat diproduksi dengan dihasilkan pada sebuah industri atau rumah tangga yang akan dibuat dengan semaksimal mungkin untuk dijadikan bahan pengolahan limbah keras. Masyarakat pada umumnya juga akan dapat untuk menghasilkan suatu buangan yang berupa limbah dalam kegiatan sehari-hari untuk lebih bersih dalam lingkungan yang sudah diperoleh. Salah satu jenis limbah adalah suatu bahan limbah keras yang dapat memiliki bentuk keras, padat, tidak mudah berubah bentuk dan tidak mudah diurai oleh siapapun yang akan mengotori tempat untuk penempatan suatu lembah.

    Berdasarkan sifatnya, limbah keras dapat dibedakan menjadi dua yaitu limbah keras organik dan anorganik dan akan membuat segala sesuatu itu menjadi lebih baik. Limbah keras organik ini juga merupakan limbah keras yang berasal dari alam sekitarnya yang contohnya bisa diolah dari sisik ikan, tulang hewan, cangkang kerang laut, tempurung kelapa dan sebagainya

    untuk diperoleh dengan menggunakan proses pengolahan limbah keras. Sedangkan limbah keras anorganik merupakan suatu pengolahan limbah yang berasal dari bahan kimia dengan tidak akan dapat untuk diperbaharui dan berpotensi dalam menjadi polutan suatu sistem pengolahan limbah tersebut. Contoh dari limbah ini memiliki berbagai bahan yang merupakan plastik, pecahan keramik, kaca, botol kaleng dan lain sebagainya.

    Lembah keras tersebut juga akan sangat sulit untuk terdegradasi oleh microorganisme terutama limbah keras padat karena limbah padat tersebut agak lumayan susah untuk digunakan sebagai bahan untuk diolah padahal keberadaannya terus-menerus akan meningkat setiap harinya untuk dapat dilansir dari World Bank pada tahun 2015 di Indonesia untuk dapat menduduki suatu Negara keempat dari sebuah penghasil suatu limbah padat di Asia dengan 0,52 kilogram tiap orang per-harinya agar lebih banyak mendapatkan penghasilan yang banyak. Dan sedangkan penduduk Indonesia telah melebihi dari 200 juta jiwa.

     Dengan jumlah limbah padat yang dibuang setiap tahunnya bahkan terus-menerus dapat untuk meningkatkan sistem pengolahannya. Pada tahun 2025 diperkirakan negara Indonesia akan dapat dalam memproduksi limbah sebanyak 0,85 kilogram dengan setiap penduduknya dalam waktu satu hari saja. Jika terus dibiarkan maka limbah padat akan memenuhi berbagai pemukiman, membuat manusia hidup diatas tumpukan sampah, sebab itu semua limbah akan dibuat atau diolah dengan cepat supaya sekelompok dalam suatu pemukimannya tidak akan tertimpa sampah.

     Dan untuk itu limbah padat dapat saja diolah dengan cara di daur ulang dalam menggunakan suatu pembakaran. Pembakaran dapat saja menimbulkan penumpukan pada suatu limbah keras akan dapat menuntut manusia dengan dapat menyingkirkannya secara cepat dan masal, hal ini dilakukan dengan proses pembakaran karena adanya penumpukan sampah di sekitaran atau pemukiman sekelompok manusia.

    Ada tiga teknik dalam pengolahan limbah keras yang dapat anda lakukan dengan mengikuti cara yang dibawah ini.

    • Reuse

    Reuse ini akan dapat menggunakan kembali barang-barang yang sudah terpakai sebelumnya. Dan supaya lebih bermanfaat lembah keras akan menggunakan barang dengan berurut-urut atau akan menggunakannya tiap hari dengan berganti-ganti.

    • Reduce

    Akan dapat mengurangi suatu penggunaan sampah anorganik agar tidak menambahkan angka dalam sampah yang lumayan sulit terurai sehingga dapat mencemari lingkungan di sekitarnya.

    • Recycle

    Dengan mendaur ulang sampah-sampah tersebut sehingga dapat menjadi suatu barang yang bernilai ekonomis dan akan dapat untuk menghasilkan lembah padat dalam menggunakan bahan yang terbuat dari sampah.

    Pemanfaatan Limbah Keras Untuk Kerajinan

    Bagi para pecinta seni, limbah keras akan dapat untuk dijadikan suatu barang dalam kerajinan yang telah memiliki nilai guna didalamnya. Proses pengolahannya juga akan dibutuhkan suatu ketelitian dan kesabaran sehingga akan menghasilkan barang baru di masyarakat yang akan ditempatinya.

    Contoh Kerajinan Dalam Membuat Limbah Keras

    • Vas bunga dari bambu atau kayu.
    • Pigura dari stik eskrim.
    • Ornamen hias dari batu alam.
    • Kerajinan cangkang kerang.
    • Kerajinan dari sisik dan tulang ikan.
    • Mangkok dari tempurung kelapa.
    • Tas dari plastik atau karung.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 3 Teknik Pengolahan Limbah Keras
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar