Manfaat Manajemen Operasional

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen operasional mampu menyatukan subsistem-subsistem operasi tersebut agar bisa mencapai tujuan perusahaan pada fungsi pegorganisasian manajemen operasional akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan demi tercapainya tujuan perusahaan tersebut jadi fungsi pengorganisasian dapat berjalan dengan lebih baik.

    Ahli manajemen J. Heizer dan B. Render dalam mendefinisikan suatu manajemen operasional sebagai bentuk pengelolaan yang menyeluruh dan optimal dalam aspek tenaga kerja pada barang-barang atau mesin peralatan dan bahan mentah atau faktor produk barang dan jasa yang lazim diperdagangkan dengan semaksimal mungkin.

    Manajemen operasional merupakan suatu bisnis yang berfokus pada proses produksi serta dapat untuk memastikan suatu pemeliharaan perkembangan yang telah berlangsung secara efektif dan efisien dengan seorang manajer operasi untuk dapat bertanggung jawab dalam mengelola suatu proses perubahan input menjadi output untuk menjadi lebih baik dalam melakukan pemrosesan suatu sistem operasional.

    Manajemen operasional yang merupakan suatu usaha pengelolaan dengan secara maksimal dalam penggunaan semua faktor dengan produksi yang ada baik itu tenaga kerja mesin peralatan bahan mentah dan faktor produksi yang lainnya dalam proses transformasi agar menjadi berbagai macam dalam produk barang atau jasa.

    Manajemen produksi dan operasi merupakan suatu kegiatan atau aktivitas untuk menciptakan mengkoordinasi mengatur dan mengelola operasional sistem dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki dalam tenaga kerja dan peralatan seperti mesin, tanah, bangunan, bahan baku dalam modal secara efektif dan efisien sehingga dapat untuk diproduksi secara baik dan aman untuk digunakan.

    Penerapan manajemen operasional langkah dalam organisasi ialah

    • Menetapkan sasaran
    • Briefing
    • Penugasan
    • Pelaksanaan tugas
    • Pengawasan dan pengendalian langsung
    • Laporan pelaksanaan tugas
    • Rapat analisa dan evaluasi

    Manajemen operasional sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit dan keberlangsungan hidup dari usaha manajemen operasional sangat penting dalam hal pencapaian tujuan perusahaan yang adanya profit dan keberlangsungan dari usaha.

    Perencanaan operasional merupakan perencanaan yang memusatkan perhatiannya dapa operasi sekarang jangka pendek dan terutama berkenaan dengan tujuan mencapai efisiensi tujuan operasional yang jabaran dan tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan stratejik.

    Manajemen produksi berkonotasi dengan administrasi dari berbagai kegiatan yang termasuk dalam pencapai produk sedangkan manajemen operasi mengacu pada bagian manajemen yang berkaitan dengan produksi dan pengiriman barang dan jasa.

    Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu melalui orang lain sedangkan sistem ialah rangkaian subsistem yang saling keterkaitan di mana bila ada satu  dan ada beberapa subsistem yang tidak berfungsi maka sistem tidak akan berfungsi.

    Manajemen operasi merupakan suatu studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi suatu sistem operasi yang akan tanggung jawab atas melakukan sistem operasional atau memproduksi barang dan jasa dalam organisasi suatu fungsi produksi atau operasi yang berkaitan dengan penciptaan barang dan jasa yang akan dihasilkan oleh perusahaan.

    Fungsi operasi merupakan kegunaan suatu cara atau teknik untuk dapat meningkatkan keuntungan yang di nilai dari operasional perusahaan tersebut dan fungsi manajemen dengan cara meningkatkan stabilisasi suatu perusahaan dari jumlah tenaga kerja dengan perusahaan tersebut.

    Pendekatan operasional merupakan pendekatan mempelajari manajemen dengan mempelajari praktek-praktek para manager hasil para manager di dalam menjalankan tugas ternyata menggabungkan berbagai ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

    Yang di maksud dengan proses operasi atau proses produksi merupakan suatu kegiatan dengan melibatkan tenaga manusia dengan menggunakan bahan dan peralatan untuk menghasilkan produksi yang berguna atau bernilai lebih dengan kata lain proses produksi transformasi bahan input menjadi produksi output.

    Tujuan produksi yang pertama ialah menghasilkan barang dan jasa dengan kegiatan produksi para produsen dapat menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen tujuan kegiatan produksi berikut yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia.

    Manajemen merupakan suatu proses yang bertanggung jawab dalam mengelola siklus kehidupan semua masalah yang terjadi atau bisa saja terjadi pada layanan teknologi informasi problem manajemen atau pengelolaan dalam masalah dapat di proses dalam bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup dari semua masalah.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Manajemen Operasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar