Pengertian Logika

Daftar Isi

    LancangKuning - Logika merupakan salah satu cabang dalam filsafat yang telah mempunyai ilmu logika yang disebut dengan logika episteme atau ilmu logika pengetahuan yang akan mempelajari tentang kecepatan untuk berpikir secara lurus, tepat dan teratur dengan kata logis yang dipergunakan dalam logika supaya dapat diartikan dengan masuk akal bagi pengguna program.

    Dalam suatu gerbang logika dalam sistem dasar yang memproses input-input yang berupa bilangan biner untuk dapat menjadi suatu output yang berkondisi di dalam akhir untuk dapat digunakan dengan proses sesuatu untuk melanjutkan suatu rangkaian yang sederhana untuk dapat memproses sinyal masukan sehingga menghasilkan sinyal keluaran dari logika tersebut.

    Ada prinsip utama logika yaitu prinsip identitas yang sesuatu dengan apa adanya dalam prinsip pengecualian nilai tengah antara ada tidak ada atau tidak ada nilai tengah prinsip alasan yang cukup ada alasan yang cukup untuk semuanya.

    Secara dalam bahasa logika merupakan studi tentang alasan yang mencakup dialektikal argumentative dan intelektual karena dalam dasar dari logika ialah perkataan, pemikiran, idea, argumentasi, alasan atau prinsip. Oleh karena itu suatu logika yang akan dapat dikategorikan dalam salah satu study yang utama oleh filsafat, matematika dan komputer untuk dilakukan berdasarkan program yang anda jalankan.

    Fungsi logika secara garis besar dibedakan menjadi 4 jenis ialah

    • Fungsi logika tunggal
    • Fungsi logika ganda
    • Fungsi logika AND
    • Fungsi logika OR

    Pengertian logika merupakan suatu pertimbangan dalam pikiran manusia yang diungkapkan dengan melalui perkataan serta dinyatakan dalam bahasa ilmu logika ini diartikan juga yakni sebagai ilmu yang mempelajari cara berfikir lurus, tepat, serta juga teratur.

    Logika dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu meskipun demikian keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam kedua macam logika itu ialah logika kodratiah dan logika ilmiah logika kodratiah ada pada setiap manusia sedangkan kodratiah terdapat pada makhluk rasional.

    Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyatakan kondisi benar atau salah fungsi ini bersifat kualitatif misalnya ya-tidak, lulus-tidak lulus, baik-buruk dan lain-lain ada beberapa fungsi yang merupakan kriteria atau syarat dari fungsi logika.

    Kegunaan dalam suatu logika juga dapat untuk membantu setiap orang dalam mempelajari logika dengan cara berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan dapat untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat dan objektif untuk dapat menambah kecerdasan untuk dapat meningkatkan suatu kemampuan berfikir anda secara tajam dan mandiri pada saat melakukan pemrograman suatu logika.

    Dalam sejarah logika yang dimulai sejak Thales pada  tahun 624 sm -548 sm filsuf yunani pertama kalinya yang meninggalkan segala dongeng takhayul dan segera berpaling kepada akal budi untuk dapat memecahkan sebuah rahasia alam semesta Aristoteles. Kemudian dapat juga mengenalkan suatu logika sebagai ilmu yang disebut dalam logika scientica.

    Objek logika terbagi menjadi dua yaitu objek material dan objek formal objek material logika yaitu berpikir sedangkan objek formal logika yaitu cara berfikir yang lurus dan tepat logika deduktif ialah suatu ragam logika yang mempelajari akses-akses logika yang bersifat deduktif.

    Perbedaan pikiran dan logika ialah pemikiran merupakan aksi yang menyebabkan pikiran mendapatkan pengertian baru dengan perantara hal yang sudah diketahui sebagai ilmu sedangkan logika disebut dengan logika episteme atau ilmu logika pengetahuan yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus tepat dan teratur.

    Jika tidak ada logika semua hilang jiwa tertipu lalu merasa dirinya paling benar yang lain semua salah merasa diri telah berada di atas jalan kebenaran yang lain tersesat tanpa penalaran, tanpa telah, tanpa olah fakta dan kadang tanpa alasan jelas argumen valid hujjah kuat.

    Perbedaan akal dan pikiran ialah akal merupakan kemampuan untuk memilih mana yang benar atau salah mana yang boleh atau tidak boleh sedangkan pikiran kemampuan manusia dalam memandang sebuah masalah mengumpulkan informasi mengolah data dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah.

    Logika merupakan pemikiran yang sangat logisanalitis dan mendetail jika menggunakan logika berarti kita dapat berusaha mencari solusi secara yang masuk akal, terencana dan menggunakan perhitungan.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Logika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar