Jenis – Jenis Algoritma

Daftar Isi

    LancangKuning Algoritma adalah proses atau langkah – langkah Aturan yang wajib diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama untuk komputer. Dengan kata lain, semua susunan yang diurutkan berdasarkan sistem tertentu dan digunakan untuk memecahkan sesuatu masalah. Sebagian besar Algoritma dimaksudkan sebagai implementasikan sebagai program dari computer.

    Algoritma juga digunakan di perusahaan keuangan di berbagai bidang seperti penetapan harga pinjaman, saham, dan manajemen aset. Algoritma ini memiliki asal – usul yang sedikit berbelit atau rumit. Algoritma berasal dari kata “ Algorist”  yang berarti langkan untuk menghitung dengan memanfaatkan angka Arab.

    Sejarah juga membuktikan kebanyakan ahli mencoba menemukan asal usul kata yang tepat namun hasilnya kurang memuaskan. Hingga pada akhirnya, ahli sejarah tersebut matematika menemukan asal kata algoritma. Ahli sejarah tersebut menjelaskan asal usul kata algoritma adalah berasal dari penulis buku Arab. Nama penulis buku Arab tersebut adalah Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarismi.

    Pertimbangan Algoritma Dalam Program

    Algoritma disusun secara logis dan sistematis. Setiap langkah di dalam algoritma wajib memiliki nilai yang benar maupun nilai yang salah. Dalam konteks tertentu, algoritma menjadi sebuah urutan langkah dalam melakukan pekerjaan yang khusus. Keputusan pengambilan algoritma juga menjadi hal penting agar pengeluaran yang dihasilkan lebih baik. Pertama yaitu bener atau tidaknya algoritma. Hal ini memiliki arti yaitu algoritma nanti dapat memberikan output yang kita inginkan dari beragam masukan yang sudah ada. Oleh karena itu, dari langkah awal, agoritma harus memiliki kebenaran. Hal itu mengingatkan sebaik apapun algoritma yang kita buat, apabila memberikan hasil yang salah maka algoritma tersebut tidak baik.

    Pebedaan Algoritma dan Program

    Saat kita ditanya tentang algoritma, banyak orang yang terjebak dengan pengertiannya. Kesalahan ini selalu dikaitkan dengan pengertian dari program. Padahal keduanya walaupun saling berhubungan namun tetap saja memiliki pemahaman yang berbeda. Program sendiri diartikan sebagai urutan dari pernyataan komputer. Sementara itu, algoritma merupakan tahapan sekaligus cara yang sistematis dalam program.            

    Algoritma juga dapat kita pelajari lewat teks nya. Teks dalam sebuah algoritma merupakan langkah dari penyelesaian suatu masalah. Deskripsi penyelesaian ini bisa kita tulis dalam bentuk notasi apa saja dengan syarat dapat kita pahami dan dapat dimengerti. Sifat notasi tersebut juga tidak selalu baku layaknya pemrograman. Hal yang perlu kita pahami adalah notasi dari algoritmik dalam algoritma bukanlah merupakan bahasa dari pemrograman. Dalam hal tersebut, tiap orang yang membuatnya memiliki aturan penulisan dan notasi yang berbeda, algoritmik harus mudah di terjemahkan dalam notasi bahasa dalam pemrograman tertentu. Oleh karena itu, kita harus ada penyampaian antara notasi algoritma dan notasi bahasa dari pemrograman.

    Fungsi Penggunaan Algoritma

    Fungsi dari penggunaan algoritma digunakan sebagai pemecahan masalah program yang rumit. Baik program sederhana maupun yang besar, sama – sama dapat dipecahkan dengan algoritma. Fungsi lainnya dari pemanfaatan algoritma yaitu cara penggunaannya yang berulang kali. Lewat algoritma, kamu dapat melakukan pendekatan top down maupun divide dan conquer. Jika dilihat dari segi keuntungannya, algoritma merupakan pemecah masalah yang sangat efektif dan sangat efisien digunakan.

    Jenis – jenis algoritma

    1. Algoritma Sekuensial
      Algoritma Sekuensial adalah algoritma yang langkah – langkahnya di urutkan dari awal sampai akhir. Langkah demi langkah yang dijalankan harus berurut dari atas hingga bawah.
    2. Algoritma Perulangan
      Algoritma Perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secata berulang. Pada masalah yang kita hadapi, ada pula sebuah langkah yang harus kita lakukan secar berulang – ulang.
    3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat
      Algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan dengan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dipenuhi.(Haikal)

               

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis – Jenis Algoritma
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar