Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen Keuangan

Daftar Isi

    LancangKuning -  Apa itu manajemen keuangan? | Sebelum mengetahui dan tujuan dari system manajemen ini, kamu harus terlebih dahulu mengetahui pengertian tentang manajemen keuangan. Banyak orang yang akan menghargai betapa pentingnya konsep dan mengapa hal ini perlu dipertimbangkan di dalam lingkungan bisnis yang mereka bangun.

    Definisi manajemen keuangan menurut para ahli yang bisa kamu terima seperti:

    S. C.Kuchal mengatakan “Manajemen keuangan berkaitan dengan pengadaan dana serta pemanfaatannya yang sangat efektif dalam bisnis”

    Weston dan Brigham mengatakan “Manajemen keuangan yaitu bidang untuk pengambilan keputusan keuangan, menyelaraskan motif individu serta tujuan perusahaan”

    Joshep dan Massie mengatakan “Manajemen keuangan yaitu aktifitas operasional bisnis yang akan bertanggung jawab untuk memperoleh dan memanfaatkan secara efektif dana yang akan diperlukan untuk operasi yang efisien”

    Sedangkan di Indonesia sendiri ada beberapa ahli yaitu seperti:

    Agus Sartono “Manajemen keuangan ialah semua yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi ataupun untuk pembelanjaan secara efisien”

    Bambang Riyanto “Manajemen keuangan ialah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang akan diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, dan usaha untuk menggunakan dana tersebut se- efisien mungkin”

    Pada intinya yaitu, manajemen keuangan yaitu praktik yang rutin dan penting di dalam lingkungan bisnis. Melibatkan pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan untuk memastikan ada atau tidaknya pemborosan serta mengontrol setiap hal mengenai kegiatan keuangan perusahaan yang meliputi pengadaan dana, penggunaan daya, pembayaran, proses akuntansi, penilaian risiko dan hal yang berkaitan dengan keuangan lainnya.

    Dan hal tersebut ialah salah satu alasan itu dianggap sebagai bagian integral dari perusahaan sebab, tanpa penggunaan dana yang tepat, bisnis akan mengalami kehancuran, karena tidak melakukan produksi ataupun kegiatan.

    System manajemen harus dibentuk untuk dapat mengikuti praktik terbaik, menggunakan alat manajemen keuangan yang akan diperlukan dan ada juga yang menerapkan strategi yang tepat untuk meminimalkan biaya dan serta memastikan produksi ataupun kegiatan bisnis yang berguna dengan lancar.

    Fungsi manajemen keuangan

    1. Perencanaan Keuangan dan Peramalan

    Manajer keuangan akan bertanggung jawab untuk merencanakan serta memperkirakan kebutuhan keuangan bisnis. Perlu juga memberikan perincian mengenai jumlah uang yang akan dibutuhkan untuk membeli asset yang berbeda untuk perusahaan. Manajemen keuangan juga harus merancang lini bisnis mana yang akan dikembangkan, direalisasikan serta diberhentikan.

    1. Penentuan Komposisi Modal

    Setelah melakukan perencanaan serta peramalan yang dibuat, struktur modal harus diputuskan. Campuran utang serta ekuitas yang digunakan untuk membiayai peluang investasi menguntungkan di masa depan perusahaan yang disebut dengan struktur komposisi modal.

    1. Investasi Dana

    Manajer keuangan juga harus memastikan bahwa dana yang tersedia untuk bisnis digunakan secara memadai untuk menumbuhkan bisnis. Biaya untuk memperoleh dana serta nilai pengembalian harus selalu dibandingkan dan harus seimbang. Manajer keuangan juga perlu untuk melihat lini bisnis yang menghasilkan pengembalian lebih tinggi serta memperbaiki lini bisnis yang akan mengalami penurunan performa.

    1. Pertahankan Likuiditas yang tepat

    Kas ialah sumber terbaik untuk menjaga likuiditas. Bisnis mengharuskan untuk membeli bahan baku, membayar gaji serta menangani kebutuhan keuangan yang lain di perusahaan. Tetapi, manajer keuangan harus bisa menentukan apakah ada permintaan untuk asset likuid. Manajer juga harus dapat mengatur asset-asset ini sedemikian rupa sehingga bisnis tidak akan mengalami kelangkaan dana.

    1. Kontrol Keuangan

    Kontrol keuangan bisa ditafsirkan sebagai analisis hasil actual perusahaan, didekati dari perspektif yang berbeda pada waktu yang berbeda, dibandingkan dengan tujuan dalam jangka pendek, menengah serta jangka panjang di dalam rencana bisnis.

    Ruang lingkup pada manajemen keuangan

    Ada beberapa hal-hal yang dapat berdampak langsung pada system manajemen keuangan pada sebuah bisnis yaitu:

    • Keputusan investasi, termasuk investasi di dalam asset tetap (disebut dengan penganggaran modal). Investasi di dalam asset lancar juga merupakan bagian dari keputusan investasi yang biasa disebut dengan keputusan modal kerja.
    • Keputusan keuangan, hal yang satu ini berhubungan dengan peningkatan sumber daya yang akan tergantung kepada keputusan tentang jenis sumber, periode pembiayaan, biaya pembiayaan serta pengembaliannya.
    • Keputusan dividen, manajer keuangan wajib mengambil keputusan sehubungan dengan distribusi laba bersih. Laba bersih pada umumnya dibagi dua yaitu:
    • Dividen untuk pemegang saham dividen serta persentase pembagiannya yang harus diputuskan.
    • Saldo laba atau jumlah laba yang ditahan harus disesuaikan sebab ini akan bergantung kepada rencana ekspansi serta diversifikasi perusahaan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen Keuangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar