Bupati Meranti Kunker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah Kakap Putih dan Infrastruktur Jalan

Daftar Isi


    Foto: Humas 
     

    Lancang Kuning, MERANTI - Bupati kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Rangsang Barat, dalam kegiatan itu Bupati berksempatan meninjau Budidaya Ikan Kerambah milik warga dan melihat kondisi jalan penghubung antar Kecamatan, Sabtu (6/3/2021).

    Turut hadir bersama Bupati, Legislator DPRD Meranti Suji Hartono, Camat Rangsang Barat Ratna Juwita, Kepala Desa Bantar Ajan, Ketua KNPI Kecamatan Rangsang Barat Aktor Mistis di serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.
     

    Seperti diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil SH-H. Asmar, dalam Visi dan Misinya berkomitmen mewujudkan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat di Provinsi Riau, Indonesia.

    Diantara program prioritas yang ingin dijalankan dalam mewujudkan Visi dan Misi itu adalah dengan menciptakan ribuan usahawan dengan menciptakan ribuan peternak dan Nelayan baik tangkap maupun budidaya diantaranya.

    Untuk itu, dalam setiap kunjungannya Bupati mengintruksikan kepada Camat dan Kades ikut mensukseskan program tersebut melalui pemberian bantuan dan pembinaan kepada warga. Seperti yang dilakukan saat ini dengan mengunjungi lokasi Budidaya Kerambah Ikan Kakap Putih milik Rauf warga Desa Bantar Kecamatan Rangsang barat salah satu Koperasi Nelayan binaan Dinas Perikanan Kep. Meranti.

    Seperti dijelaskan Kadis Perikanan Eldi Saputra, Budidaya Ikan Kerambah Kakap Putih milik Rauf tergabung dalam Koperasi Nelayan Samudra Jaya Bersama binaan dari Dinas Perikanan Kep. Meranti. Dalam budidaya Kakap Putih koperasi ini dikatakan Kadis Perikanan telah menerapkap sistem Pendederan Canggih Pola Segmentasi yakni pembesaran Bibit Kakap Putih berukuran 1-2 CM. 

    Melalui pola pendederan ini ribuan bibit Kakap Putih yang sebelumnya berujuran 1-2 CM akan dibesarkan selama 2 bulan atau hingga berukuran 7 CM. Setelah mencapai ukuran 7 CM barulah dijual atau masuk kerambah pembesaran.

    "Koperasi Samudra Jaya Bersama salah satu penyedia Kakap Putih ukuran 7 CM di Kepulauan Meranti, selain untuk dijual koperasi ini juga memebesarkan sampai siap panen," jelas Eldi.

    Kemudian melihat keberhasilan pengembangan Kakap Putih tersebut, dalam Diskusinya bersama pemilik kerambah Rauf, Bupati H.M Adil menyampaikan akan memberikan bantuan untuk pengembangan Budaya Kerambah Ikan Kakap Putih ini. 

    Diantaranya menambah kolam dan bantuan dana dengan penambahan kelompok Agar semakin berkembang dan dapat ditiru oleh kelompok nelayan lainnya. Selanjutnya untuk merealisasikan program strategis dibidang pembangunan Infrastruktur Dasar dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. 

    Bupati Adil dan rombongan juga berkesempatan melihat jalan rusak di Desa Mekar Baru-Desa Sendaur setibanya dilokasi Bupati memerintahkan Dinas PU untuk segera memperbaiki untuk memperlancar aksesbilitas orang dan barang.

    "Saya minta kepada Dinas PU Bina Marga untuk segera memperbaiki agar aksesbilitas semakin lancar," Pungkasnya. (Humas Pemkab. Meranti).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati Meranti Kunker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah Kakap Putih dan Infrastruktur Jalan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar