Beda Jurusan Manajemen dan Administrasi Bisnis

Daftar Isi

    LancangKuning - Istilah manajemen dan administrasi bisnis tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, kedua istilah ini pula yang sering membuat kita bingung. Pasalnya, tidak semua orang yang mengerti tentang perbedaan kedua istilah ini sehingga penggunaannya pun bisa menjadi salah.

    Apalagi untuk kamu yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi di dalam bidang bisnis. Kamu mungkin akan menjadi bingung mengenai apa saja perbedaan antara manajemen dan administrasi bisnis. Agar kamu menjadi lebih paham mari kita pelajari apa saja perbedaan antara manajemen dengan administrasi bisnis.

    Pengertian Manajemen

    Manajemen yaitu suatu konsep yang mempelajari mengenai apa saja yang berkaitan dengan manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia serta operasional personel. Mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen akan lebih difokuskan dengan mempelajari sisi analisis, perencanaan serta operasi bisnis. Secara istilah, manajemen mempunyai arti yaitu suatu proses untuk mengatur dan mengawasi sesuatu atau orang.

    Di program studi manajemen bisnis, biasanya mahasiswa akan mempelajari tentang dasar-dasar pemasaran, ekonomi, keuangan, hukum dan etika. Tetapi, biasanya mereka juga akan mengambil mata kuliah yang lebih spesifik contohnya seperti perencanaan bisnis ataupun manajemen sumber daya manusia. Lulusan jurusan administrasi bisnis sudah siap untuk masuk ke posisi manajemen entry level.

    Pengertian Administrasi Bisnis

    Administrasi bisnis yaitu suatu konsep yang akan mempelajari mengenai segala macam proses yang berhubungan dengan menjalankan suatu bisnis yang sukses. Secara istilah, arti dari administrasi sendiri ialah suatu proses atau aktivitas yang menjalankan sebuah bisnis. Sama seperti jurusan manajemen bisnis, mahasiswa jurusan administrasi bisnis juga akan mempelajari tentang ilmu-ilmu dasar contohnya seperti pemasaran, hukum bisnis dan etika, manajemen, ekonomi serta akuntansi.

    Selain itu, mereka juga bisa mempelajari tentang ilmu perencanaan bisnis, penelitian bisnis dan teori, kewirausahaan dan lain sebagainya. Namun, biasanya mereka juga bisa mengambil bidang keilmuan yang lebih spesifik sesuai dengan ketertarikan mereka masing-masing. Bisa saja mereka mengambil mengenai manajemen, sumber daya manusia, ataupun kewirausahaan.

    Perbedaan Manajemen dengan Administrasi Bisnis

    Berikut beberapa perbedaan antara manajemen dengan administrasi bisnis

    1. Ruang lingkup ilmu yang dipelajari

    Secara umum, perbedaan utama dari jurusan manajemen dengan administrasi bisnis dapat kita liat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Intinya ialah administrasi bisnis merupakan spesialis, sedangkan manajemen merupakan generalis.

    Hal ini menandakan bahwa di dalam jurusan administrasi bisnis akan mempelajari tentang bidang keahlian yang cukup spesifik sesuai dengan ketertarikan dari masing-masing orang. Sedangkan jurusan manajemen bisnis yaitu akan mempelajari tentang ilmu umum mengenai proses menjalankan suatu bisnis.

    Mahasiswa yang mengambil jurusan administrasi bisnis bisa juga mengambil mata kuliah tertentu yang sesuai dengan spesialisasinya yang telah dipilih. Sedangkan mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen bisa mengambil lebih banyak mata kuliah dengan jangkauan ilmu yang luas secara general.

    1. Perbedaan lulusannya di dunia kerja

    Di dalam dunia kerja, perbedaan antara lulusan jurusan manajemen dengan jurusan administrasi bisnis juga dapat terlihat. Meski begitu, di lingkungan kantor dengan jumlah karyawan yang sedikit perbedaan ini memang terkadang cukup sulit untuk dilihat. Di lingkungan kantor yang luas dengan jumlah karyawan yang banyak, perbedaan ini akan lebih mudah untuk dilihat dan diketahui.

    Seorang administrator bisnis akan mempunyai tugas di satu bidang yang lebih ke spesifik saja. Sedangkan manajer bisnis mempunyai tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Biasanya, mereka akan bertanggung jawab atas pengembangan suatu bisnis, kerja sama dengan perusahaan lain, lini produk perusahaan dan lain lainnya.

    1. Perbedaan pada lulusan sarjananya

    Jurusan bisnis memang jurusan yang lumayan general. Seseorang yang mengambil jurusan bisnis, baik manajemen ataupun administrasi bisnis akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan karirnya di berbagai bidang.

    Lulusan administrasi bisnis memang lebih tampak mempunyai pilihan yang lebih spesifik. Namun, hal tersebut tidak membatasi mereka untuk bisa mengambil pekerjaan di bidang manajemen jika memang tertarik. Begitu pula dengan sebaliknya.

    Pengembangan karir selanjutnya tidak semua nya bergantung kepada jurusan kuliah yang diambil. Pengembangan karir karyawan biasanya ditentukan oleh performa, kontribusi, dan pengalamannya selama bekerja di perusahaan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beda Jurusan Manajemen dan Administrasi Bisnis
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar