Perbedaan Aplikasi Desktop dan Mobile

Daftar Isi

    LancangKuning - Aplikasi desktop merupakan suatu yang mampu beroperasi secara offline tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer aplikasi web adalah dapat beroperasi jika ada jaringan atau koneksi internet.

    Aplikasi mobile merupakan program komputer yang dirancang untuk berjalan pada peranti bergerak seperti ponsel atau tablet dan jam tangan, aplikasi mobil sering kali dianggap sebagai kebaikan dari aplikasi desktop yang ada di komputer desktop dan aplikasi web yang berjalan di browser web perangkat.

    Aplikasi mobile atau sering juga disingkat dengan istilah mobile apps aplikasi dari suatu perangkat lunak. Dalam pengoperasiannya juga dapat berjalan di perangkat mobile seperti smartphone, tablet, Ipad dan memiliki system operasi yang mendukung perangkat lunak secara standalone.

    Kenyataan aplikasi mobile ini lebih ringkas dibandingkan dengan aplikasi desktop, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa aplikasi mobile bukanlah aplikasi web perbedaannya adalah pada kedua sifat fitur dan jumlah fitur yang telah disediakan oleh aplikasi mobile yang mempunyai beberapa fitur baru.

    Mobile web merupakan halaman HTML berbasis browser yang diakses menggunakan perangkat portable smartphone atau tablet melalui jaringan seluler seperti 3G, 4G maupun wifi.

    Komputer meja merupakan suatu komputer pribadi yang telah ditujukan untuk pengguna secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portable, peripheral-periferal komputer meja seperti tampilan satu sama lain dan relative berukuran besar.

    Di mode desktop merupakan tampilan dari perangkat anda jika ditata dalam tata letak desktop dan pengoperasian di perangkat anda tidak akan memengaruhi apa yang ditampilkan di tampilan eksternal misalnya anda dapat mengedit dokumen di tampilan eksternal sambal mengobral di perangkat anda.

    Ponsel juga memungkinkan dapat penggunaan untuk mengakses dalam internet dimana saja asalkan sinyal telepon seluler tersedia sebelumnya jika tanpa aplikasi mobile pengguna hanya bisa berinteraksi dengan sesuatu bila dengan laptop yang terhubung ke internet melalui wifi atau sebaliknya.

    Manfaat utama dari aplikasi desktop adalah efisiensi tinggi dan fleksibilitas antarmuka pengguna dapat disimpulkan bahwa aplikasi berbasis desktop lebih stabil aman dan umumnya tidak menggunakan jaringan internet untuk menggunakannya.

    Kekurangan dari aplikasi berbasis desktop adalah

    • Harus distal terlebih dahulu
    • Diperlukan spek khusus
    • Bergantung pada system operasi tertentu
    • Terkendala lokasi fisik

    Mobile merupakan kata sifat yang berarti dapat bergerak atau dapat digerakkan dengan bebas dan mudah, namun mobile dapat pula diartikan sebagai benda yang berteknologi tinggi dan dapat bergerak tanpa menggunakan kabel. Contohnya seperti smartphone, PDA dan tablet.

    Kekurangan mobile adalah

    1. Booting mereka relative lebih cepat dari pada perangkat desktop dan seringkali mereka tidak dimatikan oleh penggunanya
    2. Kekurangan perangkat mobile merupakan mudah rusak atau pecah.

    Performa yang relative lambat dibandingkan native app sebelum support secara penuh semua browser pada fitur-fitur HTML5 menjadikan mobile web tidak konsisten dalam tampilan di browser yang berbeda belum mempunyai mobile web mengakses semua fitur yang dimiliki device bersangkutan.

    Keunggulan aplikasi mobile merupakan user interface dan juga user experience aplikasi umumnya menarik dan gampang digunakan dan banyak aplikasi yang bisa dipakai tanpa harus terhubung dengan internet pemakai bisa akses aplikasi kapan saja lewat gadget.

    Keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan mobile marketing adalah

    • Perangkat online mobile marketing juga dapat dengan meningkatkan hubungan yang erat dengan pelanggan.
    • Perangkat online mobile marketing juga dapat membuat waktu lebih relevan.
    • Perangkat online mobile marketing dapat hadir dimana saja.

    Mobile marketing merupakan proses pemasaran produk lebih murah karena tidak ada biaya pencetakan pengiriman, iklan dan lainnya kegiatan pemasaran lebih cepat dan tertarget jika sudah memiliki data klien yang ingin dihubungi. Pentingnya peran marketing dalam perusahaan sangat membantu konsumen untuk memenuhi suatu kebutuhan dan kepuasan mereka dengan menggunakan produk maupun jasa.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Aplikasi Desktop dan Mobile
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    60%

    Marah

    40%

    Komentar