Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Daftar Isi

    LancangKuning - Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang dapat untuk dikembangkan dengan menggunakan bahasa HTML, PHP, CSS, JS yang membutuhkan suatu web server dan browser untuk dapat menjalankannya seperti Chrome, Firefox atau Opera yang akan dapat memberikan sebuah kenyamanan dalam menggunakan aplikasi yang berbasis web dengan baik dan tidak berlebihan.

    Jenis-jenis aplikasi berbasis web

    1. Web media sosial

    Website juga dapat dimanfaatkan untuk sarana dalam suatu komunikasi dengan bentuk percakapan online yang akan dapat dilakukan oleh setiap orang secara cepat dan real-time atau biasa juga disebut dengan media sosial yang dapat untuk digunakan oleh semua pengguna sosial media. Contohnya adalah Facebook. Twitter, Instagram dan lain sebagainya untuk menggunakan suatu aplikasi dengan berbasis web.

    1. Web berbasis sistem informasi

    Website ini juga dapat digunakan untuk membuat suatu sarana yang akan membantu aktivitas usaha dan pekerjaan yang akan dibutuhkan oleh manusia sehingga proses pekerjaan yang dilakukan dapat tersistem, terpusat dan termonitoring dengan baik dalam menggunakan suatu aplikasi yang akan digunakan untuk suatu proses pembuatan aplikasi. Dan akan lebih mudah dalam menjalankan suatu usaha dengan baik dan anda juga harus lebih teliti dalam penggunaan proses pembuatan tersebut.

    1. Web jual beli dan bisnis

    Dapat digunakan untuk sarana suatu transaksi dalam melakukan transaksi jual beli dengan melakukannya secara online. Saat ini disebut juga dengan e-commerce dengan menggunakan e-commerce dalam segala kebutuhan anda yang terkait untuk melakukan suatu proyek dengan produk yang berbentuk barang atau jasa yang dapat diproses hanya dengan menggunakan aplikasi yang berbasis web.

    1. Web pencarian

    Hampir setiap hari anda pasti selalu melakukan akses yang namanya mesin pencari seperti Google, Yahoo, Youtube dan lain sebagainya. Mesin pencari juga dapat untuk melakukan berbagai suatu pencarian informasi secara cepat dan akurat dengan proses pembuatannya sehingga tidak ada yang akan dapat untuk merusak suatu pekerjaan yang sudah dibuat dengan teliti dan akurat.

    1. Web informasi dan berita

    Dari aplikasi berbasis web juga dapat untuk menampilkan suatu informasi dan berita teraktual dan terkini dari seluruh dunia untuk dapat menyampaikan berita yang telah booming di dunia sosial dengan menggunakan suatu aplikasi yang akan dibuat. Contohnya web berita di Indonesia menggunakan web Detik.com, Kompas.com, Tribunnews dan lain sebagainya yang akan dapat untuk melakukan penyampaian berita atau informasi.

    1. Aplikasi web server

    Suatu perangkat aplikasi berbasis server juga akan memberikan kenyamanan untuk dapat melakukan suatu pekerjaan yang dimana anda akan dapat menerima request (permintaan) dan juga dapat untuk mengirim pendapat anda dengan respon atau tanggapan dalam protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang berada dalam proses suatu implementasinya tentu saja sudah dapat diprogramkan dengan adanya bantuan bahasa pemrograman server-side atau lebih dikenal dengan istilah back end yang akan membantu dalam menjalankan suatu aplikasi berbasis server.

    1. Aplikai web browser

    Perangkat yang akan digunakan untuk membuka dan menjalankan halaman atau situs suatu website dengan menggunakan web browser. Contoh dari web browser yang saat ini banyak digunakan oleh Google Chrome, Mozila, Firefox, Microsoft Edge, Safari, Baidy, Opera, Vivaldi, Torch, Maxthon, UC Browser dan masih banyak lagi contoh-contoh browser yang dapat dilakukan dengan lebih mudah untuk proses pembuatan aplikasi berbasis browser.

    Kelebihan aplikasi berbasis web

    1. Tidak membutuhkan spesifikasi yang besar untuk dapat menjalankan sebuah website.
    2. Tidak memerlukan lisensi terkait dalam penggunaan suatu website.
    3. Dapat dijalankan dengan berbagai sistem operasi (OS) seperti Windows, Linux, Mac dan lain sebagainya.
    4. Dapat ditampilkan dan dilihat kapanpun dan dimanapun anda berada. Tetapi harus terus terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

    Kekurangan aplikasi berbasis web

    1. Membutuhkan jaringan internet yang baik dan stabil untuk dapat mengakses suatu proyek yang akan dibuat.
    2. Membutuhkan sistem keamanan jaringan yang baik agar pekerjaan yang dibuat akan lebih baik dan sempurna.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Berbasis Web
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    66%

    Komentar