Mengenang Peresmian Replika Istana Indragiri

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    Lancang Kuning, INHU - 13 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 10 Februari 2008, merupakan hari diresmikannya replika Istana Indragiri. 

    Istana Indragiri itu kini berdiri kokoh diantara bantaran sungai Indragiri dan telaga Danau Raja. Yang sebelumnya bangunan asli telah roboh karena terkena abrasi Sungai Indragiri pada tahun 1964 lalu.

    Akibat bencana alam tersebut, Sultan Mahmud pindah ke Rumah Tua disamping Danau Raja yang saat ini Rumah Tua tersebut ditempati oleh putri dari Tengku Johor (Alm) yang merupakan adik bungsu dari Sultan Arif Al-Haj.

    Menurut YM Tengku Parameswara, selaku Tengku Mahkota/pemangku Sultan Indragiri mengatakan bahwa, peresmian istana pada masa itu dihadiri oleh 65 pemimpin kerajaan Nusantara yang terdiri dari para Sultan, Raja, Pelingsir, Ratu, Penembahan, Pangeran dari seluruh Indonesia dan Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Mereka mengenakan pakaian kebesaran kerajaan dari masing-masing kerajaan di daerahnya.

    Selanjutnya juga, dari Permaisuri Sultan Kesepuhan XIV Cirebon, Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pamecutan, dan Raden Mas Tedjo Wulan dari keraton Surakarta yang menganugerahkan keris pusaka keraton Surakarta dan membawa rombongan penari dari keraton Surakarta, ucapnya pada Senin (1/3). 

    Ia menceritakan prosesi itu berjalan lancar. Gong berbunyi pertanda Istana Indragiri sah diresmikan oleh Sultan Indragiri ke-26, Sultan Arif SH, Al-Haj bin Sultan Mahmud (Alm) serta disaksikan oleh Raja Thamsir Rahman selaku Bupati Indragiri Hulu dan juga  selaku Yang Dipertuan Muda kerajaan Indragiri.

    " Pembangunan kembali Istana kerajaan Indragiri dapat memberikan bukti sejarah kejayaan kerajaan Indragiri kepada generasi muda," ujar YM Tengku Parameswara. 

    Acara peresmian tersebut sukses berkat dukungan Pemerintah daerah Indragiri Hulu dan dihadiri oleh ribuan masyarakat rengat.

    Dalam peresmian Istana tersebut Sultan Arif hadir bersama keluarga dan permaisuri Hj. Alm. Tengku Umi Kalsum yang merupakan kerabat dari Sultan Kota Pinang dan cucu dari Sultan Bilah di Sumatra Utara. 

    Dari pantauan, replika Istana Indragiri kini menjadi Ikon wisata sejarah di Indragiri Hulu, Provinsi Riau untuk para pelancong menikmati perjalanan sejarah Kerajaan Melayu. (Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenang Peresmian Replika Istana Indragiri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar