Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Daftar Isi

    LancangKuning - Hari ini kita akan membahas suatu artikel dengan judul bagaimana prospek kerja lulusan ilmu administrasi negara. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, banyak sekali tantangan yang harus di hadapi oleh pemerintah. Maka karena itulah sangat dibutuhkan seorang konsultan yang mampu dapat memberikan solusi atau masukan yang tepat dan jurusan ilmu administrasi inilah yang harus dibutuhkan untuk membantu tantangan yang dihadapi oleh pemerintah.

    Ilmu administrasi negara mempelajari tentang sebuah proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, dan yang tentunya berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum atau peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif, serta peradilan dan yang terutama bagaimana proses kebijakan tersebut dapat diterapkan.

    Dan jurusan bidang ini tidak akan lepas dari yang namanya pengumpulan data, dan jurusan ilmu administrasi ini tidak hanya mempelajari tentang teori saja tetapi juga mempelajari tentang bagaimana proses untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisa dan mencari solusi seputar masalah implementasi kebijakan

    Prospek kerja lulusan ilmu administrasi negara
    Berikut dibawah ini merupakan prospek- prospek kerja untuk seorang lulusan ilmu administrasi negara sebagai berikut:

    1. Staf Legislatif
      Sebagai seorang yang lulusan ilmu administrasi negara, anda bisa bekerja sebagai staf legislatif baik yang di tingkat daerah ataupun di tingkat pusat. Dan kamu juga mendapat gaji yang lebih besar tergantung dimana posisi yang ditempati.
    2. Aparat Pemerintah
      Bukan hanya menjadi legislative saja anda dapat bekerja tetapi juga anda bisa bekerja menjadi aparat pemerintah baik itu di daerah ataupun di pusat. Dan anda juga dapat bergabung atau berkontribusi secara langsung dalam pemerintah.
    3. Anggota Partai Politik
      Bagi kamu yang tertarik dengan dunia politik, anda juga dapat bekerja menjadi anggota politik dengan mengandalkan status sebagai lulusan jurusan ilmu administrasi negara. Dan sebagai anggota partai politik kemungkinan anda juga akan berkesempatan mendapatkan gaji yang cukup lumayan besar apabila status anda sudah tinggi di partai politik.
    4. Bekerja di Lembaga Keuangan
      Lulusan administrasi negara juga mempunyai prospek yang lumayan bagus untuk dapat bekerja dilembaga keuangan. Contohnya bekerja di Bank. Dan pada dasarnya, apa yang sudah telah dipelajari di program studi administrasi negara juga mempelajari tentang keuangan, sehingga tidak jauh beda dalam masalah penanganannya.
    5. Konsultan Pemerintah
      Menjadi konsultan pemerintah tentunya akan menjadi sangat tepat dan juga sangat menjanjikan untuk alasan lulusan ilmu administrasi negara, karena menjadi konsultan itu sangatlah membutuhkan sekali strategi dan pemikiran yang kritis serta brilian untuk membangun suatu bentuk pemerintahan yang jauh lebih baik , yang tentunya harus dengan dilandasi oleh pengetahuan dan juga teori mengenai pemerintahan.
    6. Peneliti
      Kamu juga bisa menjadi peneliti, kamu dapat berkembang menjadi seorang peneliti utama, dan menjadi peneliti utama kemungkinan akan mendapatkan gaji yang cukup besar apabila kamu bekerja dengan baik.
    7. Jurnalis Pemerintah/ Politik
      Lulusan ilmu administrasi negara tentunya selalu dituntut untuk selalu peka terhadap isu- isu pemerintahan maupun politik. Lulusan administrasi negara juga di haruskan untuk dapat menganalisa dengan sebaik mungkin untuk melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya menjadi sebuah jalan keluar dari masalah yang dihadapi dalam pemerintahan tersebut.
    8. Bekerja di BUMN
      Tidak hanya di sektor pemerintahan saja , akan tetapi seorang yang lulusan ilmu administrasi negara juga dapat bekerja di BUMN . Karena dimana akan begitu banyak hubungan bersama pemerintah seperti halnya pajak dan lain sebagainya, dan maka dari itu lulusan ilmu administrasi negara bisa bekerja di sektor keuangan dan juga perpajakan di perusahaan BUMN.

    Pengetahuan dan kemampuan atau keahlian dari seorang lulusan jurusan ilmu administrasi negara :

    • Kemampuan dalam manajerial.
    • Kemampuan dalam melakukan analisis.
    • Kemampuan berpikir yang strategis.
    • Kemampuan dalam berkomunikasi yang baik.
    • Kemampuan dalam mengelola organisasi.

    Demikianlah penjelasan dari sebuah artikel dari prospek kerja ilmu administrasi negara, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda semua.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar