Pengertian Metode Mind Mapping

Daftar Isi

    LancangKuning - Mapping (peta pikiran) adalah metode suatu pembelajaran yang telah dikembangkan oleh Tony Buzana, atau kepala Brain Foundation. Peta pikiran adalah metode yang untuk mencatat suatu kreatif yang sangat memudahkan kita untuk mengingat banyak informasi yang akan di lakukan oleh pekerja atau pengguna mapping yang telah diberikan kepada seorang pekerja.

    Tujuan utama mind mapping adalah agar siapapun yang menggunakan metode yang telah disediakan oleh pengusaha mapping, seorang pengguna harus dapat memahami materi secara menyeluruh supaya lebih sempurna dan lebih mudah dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang telah anda kerjakan. Dan mind mapping juga bukan sebagai hafalan saja, melainkan untuk dapat di kerjakan dan di pahami dalam bekerja.

    Manfaat Mind Mapping

    Mampu memangkas dalam waktu belajar dengan mengubah suatu pola pencatatan linear yang akan dapat memakan waktu yang akan menjadi pencatatan yang efektif dengan sekaligus langsung dapat dipahami oleh individu atau seorang yang akan menggunakan mind mapping dalam waktu yang bersamaan.

    Manfaat Metode Pencatatan Menggunakan Mind Mapping

    1. Tema utama dapat terdefinisi secara sangat jelas karena ditanyakan di tengah dan seorang pengguna harus dapat menjawab ketika pengusaha mempertanyakan suatu pekerjaan.
    2. Level keutamaan suatu informasi dapat teridentifikasi secara lebih baik dan efektif dalam mengerjakan pekerjaan yang akan diperoleh. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih akan dapat diletakkan dengan tema utama yang akan menjadi panutan dalam pekerja yang telah mengikuti aturan kerja.
    3. Hubungan masing-masing suatu informasi dapat dikerjakan secara sangat mudah untuk segera dikenali oleh seorang pekerja dalam menggunakan suatu pekerjaan yang akan dibuat dalam menggunakan mind mapping.
    4. Lebih mudah dipahami dan diingat karena sistem mapping memiliki kualitas yang sangat baik untuk dapat di kerjakan dalam membuat suatu pekerjaan dengan sangat mudah dan lebih baik.
    5. Informasi baru setelahnya dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan suatu struktur mind mapping, sehingga mempermudah proses peringatan pekerjaan yang akan dilakukan dengan sangat mudah untuk mengingat suatu proyek dan harus teliti dalam pekerjaan yang akan dibuat.
    6. Masing-masing mind mapping juga sangat unik, sehingga dapat mempermudah proses pengingatan waktu dalam bekerja supaya tidak ada kekacauan dalam melakukan suatu pekerjaan yang akan di ambil oleh anda.
    7. Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci untuk dapat menggunakan mapping tersebut. Dan anda juga dapat dengan mudah untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pengusaha.

    Hal Penting Dalam Membuat Peta Pikiran

    1. Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah. Contohnya apabila kita sedang mempelajari suatu pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia, maka tema utamanya adalah sejarah Indonesia. Dan apabila kita sedang mempelajari pelajaran bahasa Indonesia maka tema utamanya adalah bahasa Indonesia.
    2. Dari tema utama akan muncul juga tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama. Dari tema utama sejarah Indonesia, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari suatu Periode, Wilayah, Bentuk perjuangan dan lain-lain yang termasuk dalam kategori tema utama.

    2 Aplikasi Mind Mapping Yang Bisa Bikin Ide Lebih Kreatif

    1. Ayoa
      Dalam aplikasi ini penggunanya bisa dapat menuliskan suatu ide secara langsung lewat aplikasi ini dan bisa dikelola sejak awal hingga akhir penggunaan sehingga dapat mempermudah anda untuk membuat suatu proyek min mapping. Ayoa juga memiliki beberapa fitur yang dapat lebih cepat untuk membantu anda seperti pembuatan ide yang cepat, pemilihan format, font, dan warna yang sangat menarik untuk lebih memikat hati seseorang yang akan menggunakan aplikasi Ayoa.
    2. Xmind
      Lewat aplikasi ini pengguna juga dapat untuk melakukan suatu analisa yang mendalam serta melihat kronologi dari penyampaian idenya untuk membuat suatu pekerjaan yang akan dibuat untuk proyek yang akan diajukan dan dapat dikerjakan dengan sangat mudah dan lebih teliti dalam mengerjakannya.(Pinta).                                                                                                                                

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Metode Mind Mapping
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar