Keunggulan Jurusan Sistem Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem Informasi (SI) adalah salah satu jurusan yang bisa dipilih oleh seorang mahasiswa yang menginjak dunia perkuliahan. Sistem Informasi (SI) yaitu ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi. Sedangkan Teknik Informatika (TI) adalah kumpulan disiplin ilmu yang mengiduk pada ilmu komputer dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta.

    Biasanya dalam perusahaan, lulusan sistem informasi lebih tinggi dari jurusan teknik informasi. Karena sistem informasi adalah jabatan tertinggi yang dapat dicapai oleh lulusan sistem informasi atau sistem analis yang bekerja sebagai penghubung antara user programmer, yang menentukan spesifikasi dan kebutuhan dari sistem yang baru, atau anda juga bisa menjadi web designer yang dapat merancang sebuah website.

    Jurusan Sistem Informasi mempunyai beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan ini, diantaranya:

    1. Bisa menjadi programmer
      Karena sistem informasi ini bekerja dengan komputer, anda bisa menjadi programmer, bahkan hal ini dapat dilakukan sebelum lulus.
    2. Analisis program
      Materi dalam jurusan ini juga lebih difokuskan untuk menganalisa kebutuhan sistem dari suatu perusahaan dan merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan. Selain belajar teknik pemrograman, di jurusan ini juga akan mempelajari proses bisnis yang ada dalam perusahaan.
    3. Ilmu terkait teknik, bisa  didapatkan dari mata kuliah peminatan
      Meskipun dalam jurusan Sistem Informasi ini kelihatannya tidak berkaitan dengan teknik pemrograman, anda dapat mengambil mata kuliah pemrograman di jurusan Sistem Informasi. Dan anda dapat memilihnya pada mata kuliah peminatan yang disediakan oleh fakultas.
    4. Lebih fokus pada pemahaman dalam pengembangan dan juga pemeliharaan sistem informasi
      Pelajaran yang dipelajari dalam jurusan Sistem Informasi ini mempelajari kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh jurusan lain, seperti kemampuan untuk mendefinisikan serta menganalisa kebutuhan Sistem Informasi di dalam sebuah organisasi.
    5. Tidak terlibat langsung pada hardware
      Mahasiswa jurusan Sistem Informasi tidak akan terlibat langsung pada perangkat keras, karena Sistem Informasi ini lebih condong ke pengembangan sistem.
    6. Terdapat mata kuliah bisnis yang terkait dengan Sistem Informasi
      Di dalam daftar mata kuliah Sistem Informasi  akan terlihat lebih mengarah ke penerapan sistem berbasis komputer untuk dunia bisnis dan manajemen, karena kemampuan lulusan Sistem Informasi yang harus menjadi “penengah” dan jembatan bagi orang teknis dengan pengguna yang masih awam soal komputer.
    7. Lulusan SMA IPS bisa masuk
      Lulusan SMA IPA masih diperbolehkan masuk ke jurusan Sistem Informasi dari beberapa jurusan universitas. Hal ini berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang pendaftarannya wajib dari lulusan SMA IPA.
    8. Jenjang karir yang menggiurkan
      Setelah lulus dari jurusan Sistem Informasi, peluang untuk bekerja juga cukup luas. Karena dengan seiring berkembangnya zaman, perusahaan juga akan membutuhkan pengembangan system yang fleksibel, efektif, serta efisien.
    9. Labih mudah daripada teknik komputer
      Jurusan sistem informasi ini lebih sederhana daripada teknik komputer. Mempelajari jurusan sistem informasi ini tidak seribet mempelajari teknik komputer yang harus mempelajari semua detail tentang komputer.
    10. Ilmunya berfungsi dengan baik
      Ilmu yang didapatkan dalam jurusan sistem informasi ini akan berfungsi dengan baik. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha, hal tersebut juga akan membantu, dan kelak anda dapat membuat software sendiri.
    11. Banyak dicari oleh perusahaan
      Karena berkembangnya zaman, segala sesuatu dihubungkan dengan komputerisasi yang akan membuat perusahaan banyak membutuhkan mahasiswa lulusan dari jurusan tersebut.
    12. Mendesain sebuah web
      Banyak juga perusahaan yang merekrut pekerja dari jurusan sistem informasi yang dapat mendesain sebuah web.
    13. Belajar dengan sua sisi
      Dalam jurusan sistem informasi, tidak hanya mempelajari ilmu komputer saja, namun anda juga bisa mempelajari ilmu manajemen.

    Itulah informasi tentang jurusan sistem informasi beserta keunggulannya yang semoga anda mendapatkan pencerahan dari informasi yang saya buat. (Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunggulan Jurusan Sistem Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar