Cara Mengatasi Cyber Crime

Daftar Isi

    LancangKuning - Mungkin sudah rata- rata atau hampir seluruh dunia tahu bahwa pelaku kejahatan sudah merajalela di berbagai penjuru dunia baik kejahatan di dunia nyata maupun di dunia maya. Para penjahat akan terus mengincar korbannya untuk kejahatan. Misalnya termasuk mereka yang sedang duduk santai dengan aman- aman saja, tetapi kita tidak tau bahwa mereka sedang diincar oleh penjahat, karena cyber chrime ini tidak mengenal tempat dan waktu.

    Ini sungguh mengerikan karena apabila ini terjadi pada kita dan pelaku mencuri data atau aset penting kita untuk disalahgunakan. Cyber crime tidak bisa dipungkiri lagi karena akan selalu ada karena perkembangan teknologi yang pesat terutama pada zaman sekarang semua sudah berbasis online.

    Agar kita terbebas dari kejahatan cyber crime ini, kita perlu penanganannya untuk mencegah cyber crime agar tidak terjadi pada kita.

    • Lindungi Gadget atau Komputer atau Perangkat Lain yang Digunakan
      Untuk dapat terhindar dari cyber crime, kita di haruskan untuk melindungi gadget atau perangkat lain yang ada, baik perlindungan terhadap data. Karena supaya orang lain tidak sewenang –wenangnya menggunakan dan melakukan hal tidak sesuai atau tidak sewajarnya pada kita.
       
    • Jangan Gunakan Software Bajakan
      Gunakanlah perangkat lunak yang resmi, karena kalau tidak menggunakan yang resmi maka akan rentan kita lebih dekat dengan kejahatan cyber crime yang akan mencuri data atau akses pribadi anda.
       
    • Pasang Perangkat Lunak Keamanan aplikasi yang up to date
      Wajib bgai kita untuk selalu memperbarui atau update perangkat lunak keamanan.Karena hal itu dapat memberikan ancaman untuk kejahatan cyber crime dan virus yang belum terdeteksi dalamn versi security software yang sebelumnya.
       
    • Menggunakan Data Encryption
      Dengan menggunakan ini , maka cyber crime akan susah untuk mengakses atau menyadap data pribadi anda karena komunikasi teks yang jelas .
       
    • Selalu Periksa data Bank dan data Kartu Kredit Secara Teratur dan Tertib
      Saat ini , sudah banyak data transaksi bank yang menggunakan email, maka dari itu tidak ada salahnya kita memeriksa data  transaksi secara teratur. Supaya kita bisa langsung dengan cepat mengetahui apakah ada transaksi yang tidak benar. Apabila menggunakan kartu kredit kita bisa langsung menghubungi bank dan memblokirnya atau transaksi dibatalkan.
       
    • Rajin Mengganti Kata Sandi
      Jangan malas untuk mengganti kata sandi akun – akun yang penting. Pastikan anda menggunakan kombinasi yang rumit supaya tidak mudah di sadap atau di jebol. Dengan menggunakan kata sandi yang rumit maka pelaku cyber crime akan kewalahan untuk menyadap kata sandi anda sehingga mereka tidak bisa mencuri informasi data pribadi anda dan menjauhkan anda dari kejahatan cyber crime.
       
    • Backup Data – Data Secara Rutin
      Sebagai pengguna harus memilki salinan dokumen pribadi, ini dilakukan supaya tetap terhindar ketika ada pencurian data atau kesalahan dalam sistem perangkat yang digunakan.
       
    • Jangan Sembarangan Membagikan Info Pribadi
      Jagalah informasi pribadi anda supaya tidak jatuh ke tangan yang nakal dan salah , apabila tidak terlalu penting sekali lebih bagus janganlah masukkan data pribadi yang penting ke akun sosial media, karena itu dapat saja memperbesar peluang cyber crime untuk dapat mencuri data penting pribadi anda. Apabila data pribadi anda di curi maka tidak ada lagi gunanya bagi anda, maka dari itu anda harus lebih berhati – hati dalam menggunakan media sosial kalau anda tidak mau data anda di curi dan disalahgunakan untuk hal – hal yang kurang sopan dan baik.
       
    • Abaikan Lampiran Surat dan URL yang Terdeteksi Mencurigakan
      Maka dari itu selain mengabaikan lampiran email dan url atau alamat web yang mencurigakan, maka abaikanlah karena dengan kecerobohan akan merugikan diri anda sendiri.
       
    • Gunakan Fitur Keamanan Untuk Website Anda
      Fitur yang bisa anda gunakan adalah menggunakan layanan SSL atau HTTPS untuk keamanan website anda dari pertukaran informasi.

    Permasalahan cyber crime :

    1. Pencurian account internet milik orang lain.
    2. Membajak situs web.
    3. Virus.
    4. Probing dan port scanning atau pengintaian.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Cyber Crime
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar