Ngeri, Aksi Jenderal TNI SBY Pimpin Batalyon Paling Garang Saat Perang

Daftar Isi

    Foto: Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono. (Youtube)

    Lancang Kuning – Jangan anggap remeh sosok seorang Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Susilo Bambang Yudhono. Tak hanya punya kemampuan dalam hal kepemimpinan, Presiden Republik Indonesia (RI) ke-6 ini juga punya prestasi tempur bersama satuan elite paling garang dalam perang, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti.

    Menurut catatan yang dikutip VIVA Militer dari buku otobiografi, SBY Sang Demokrat, dikisahkan bahwa pada 1986 Mayor Inf Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ikut bertempur dalam Operasi Seroja di Timor-Timur. Saat itu, SBY menjadi Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 744/Satria Yudha Bhakti, atau yang kini Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti (SYB).

    Tepatnya pada pertengahan 1986, SBY memimpin pasukannya untuk melakukan pertempuran di dua wilayah, Same dan Ailio. Saat itu, SBY yang masih berpangkat Mayor TNI membawa setengah kekuatan Yonif 744/SYB untuk menjalankan operasi tersebut.

    Sebagai Komandan Batalyon, SBY memilki taktik jitu untuk menghadapi pertempuran. Ia membagi pasukan yang dibawanya menjadi dua kompi dan satu komando taktis. Dalam perintahnya, SBY menginstruksikan kepada pasukannya untuk melakukan taktik insurgensi, peyergapan dan pengadangan.

     

    "Kita bergerak dengan taktis lewat insurgensi, paduan antara gerakan pembersihan daerah, operasi penyergapan, dan operasi pengadangan," ucap SBY saat memberi perintah kepada para anak buahnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Saat operasi memasuki pekan ketiga, pasukan komando taktik Yonif 744/SYB terlibat baku tembak dengan anggota Angkatan Bersenjata Pembebasan Nasional Timor-Leste (FALINTIL). Sebagai pasukan elite, komando taktiks Yonif 744/SYB tak perlu waktu lama untuk menghabisi pasukan musuh di Bukit Turiskai.

    Benar saja, hanya beberapa menit kontak tembak, pasukan FALINTIL tercerai berai dan lari tunggang langgang ke dalam hutan. Setelah itu, pasukan SBY pun melakukan penyisiran dan menemukan seorang anggota FALINTIL dalam kondisi luka parah. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ngeri, Aksi Jenderal TNI SBY Pimpin Batalyon Paling Garang Saat Perang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar