Pengertian Relasi dan Query

Daftar Isi

    LancangKuning - Relasi itu adalah suatu aturan yang memasangkan anggota himpunan satu ke himpunan lain. Suatu relasi dari himpunan  ke himpunan  adalah pemasangan atau perkawanan atau korespondensi dari anggota – anggota himpunan  ke anggota – anggota himpunan.

    Sebagai contoh, misalnya dalam suatu kelas dibuat pendataan tentang ekstrakurikuler. Yang memilih ekstrakurikuler basket adalah Andre, di ekstrakurikuler badminton adalah budi, di ekstrakurikuler renang adalah Caca, Didit memilih ekstrakurikuler musik, dan Ega memilih 2 ekstrakurikuler yaitu basket dan sepak bola.

    Dari keterangan diatas itu, dapat kita simpulkan untuk mengelompokkan informasi yang ada ke dalam dua himpunan, yaitu himpunan himpunan siswa dan himpunan ekstrakurikuler. Relasi yang cocok dengan keterangan tersebut yaitu relasi “memilih ekstrakurikuler”.

    Jenis – Jenis Relasi

    Relasi Invers

    Misalkan adalah relasi dari himpunan ke himpunan. Invers dari yang dinyatakan dengan relasi dari  ke  yang mengandung semua pasangan terurut yang apabila dipertukarkan masih termasuk dalam .

    Relasi Simetrik

    Misalkan suatu relasi disebut relasi simetrik, jika tiap berlaku. Dengan kata lain, disebut juga relasi simetrik jika berakibat .

    Relasi Refleksif

    Misalkan suatu relasi disebut relasi refleksif, jika setiap berlaku. Dengan kata lain, disebut relasi refleksif jika tiap – tiap anggota pada  berelasi dengan dirinya sendiri.

    Relasi Anti Simetrik

    Suatu relasi bisa disebut relasi anti simetrik jika dan  maka. Dengan kata lain, jika dan  maka  atau , tetapi tidak keduanya. .

    Relasi Transitif

    Misalkan  relasi dalam himpunan disebut relasi transitif jika berlaku  dan  maka . Dengan kata lain, jika  berelasi dengan  dan  berelasi dengan , maka  berelasi dengan .

    Ketika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, kata query lebih memiliki arti permintaan informasi. Jadi, apa yang dimaksud dengan query pada bahasa pemrograman komputer? Sebenarnya, pengertian query pada bahasa Inggris sehari-hari dan bahasa pemrograman komputer ini mempunyai arti yang hampir mirip namun di komputer, query lebih menuju kepada informasi yang didapat atau diambil dari database. Bahasa pemrograman ini berfungsi sebagai pemanipulasian data sebagai penambah, penghapus, dan pengubah data.

    Ketika membuat sebuah query, Anda tidak bisa mengetik permintaan ‘request’ secara asal-asalan. Query ditulis berdasarkan pada sekumpulan pre-defined code sehingga basis data/database dapat mengerti instruksi yang diminta.kode ini Kami sebut sebagai bahasa query.

    Standar manajemen database adalah Structure Query Language (SQL). Satu hal yang harus Anda ingat,SQL berbeda dengan MYSQL: SQL merupakan bahasa query, sedangkan MySQL adalah software yang menggunakan bahasa tersebut. SQL dikenal sebagai software database yang paling banyak dipakai. Namun, SQL tidak menjadi satu-satunya pilihan software. Contoh software database yang bisa Anda gunakan adalah AQL, Datalog, dan DMX.

    Bagaimana Cara Kerja Query?

    Anggap saja kalian ingin memesan Americano di tempat ngopi. Ketika berdiri di depan pelayannya, Anda pasti akan berkata, “Pesan Americano, ya?!”. Si pelayan akan memahami apa yang Anda minta dan segera membuatkan Americano.

    Query memiliki cara kerja yang sama seperti ketika Anda memesan Americano. Query memasukkan arti ke kode yang digunakan di berbagai bahasa query. Entah itu SQL atau software yang lain, baik user maupun database dapat selalu bertukar informasi selama keduanya menggunakan bahasa yang sama.

    Banyak orang mengira bahwa query adalah satu-satunya cara untuk meminta data namun Nyatanya, ada beberapa software yang menawarkan metode lain. Berikut sejumlah cara yang kerap digunakan:

    • Menggunakan parameter yang tersedia.

    Secara bawaan atau standar, software mempunyai begitu banyak daftar parameter pada menunya. Pengguna dapat memilih salah satu daftar, dan langkah selanjutnya sistem akan memandu Anda untuk membuat output yang diinginkan. Prosesnya gampang, tapi tidak dinamis dan sistem operasinya pun terbatas.

    • Query by example

    Sistem akan menampilkan seperangkat kode dengan beberapa area yang kosong. Pada area kosong tersebut, Anda dapat menuliskan dan mengspesifikasikan field dan value data.

    • Bahasa Query

    Jika kalian ingin membuat pemanipulasian data, Anda wajib menulis query dari awal. Untuk memakai metode ini, setidaknya Anda sudah memiliki pemahaman tentang bahasa query yang dipakai oleh software database. Walaupun susah, paling tidak Anda bisa mengontrol data sepenuhnya.(Jusep)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Relasi dan Query
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar