Letjen TNI Prabowo Nyaris Tembak Mati Anak Buah Sendiri

Daftar Isi

    Foto: Letjen TNI (Purn.) Johannes Suryo Prabowo

    Lancang Kuning  – Tak perlu diragukan lagi pengalaman tempur seorang Letjen TNI (Purn.) Johannes Suryo Prabowo. Selama hampir 30 tahun kariernya bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Suryo Prabowo tercatat pernah ikut bertempur dalam operasi militer di Papua, Aceh, dan tentunya Operasi Seroja di Timor-Timur.

    Lahir di Semarang, 15 Juni 1954, Suryo Prabowo adalah jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1976. Setelah lulus dengan predikat terbaik dan menerima penghargaan Adhi Makayasa, Suryo Prabowo yang berpangkat Letnan Dua (Letda) TNI bertugas sebagai Komandan Pleton (Danton) Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan.

    Sebagai Perwira Pertama (Pama) TNI, Suryo Prabowo yang belum memiliki pengalaman bertempur justru harus ikhlas dikirim ke Timor-Timur dalam Operasi Seroja. 

    Dalam buku biografi Suryo Prabowo berjudul "Si Bengal Jadi Jenderal", pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI ini banyak menceritakan pengalamannya saat bertempur di Timor-Timur. Salah satu pengalamannya adalah saat ia nyaris menghabisi nyawa anak buahnya sendiri, dilansir LK dari Viva.co.id.

    Saat menjalankan misinya di Timor-Timur, Suryo Prabowo dipercaya menjabat sebagai Danton Kompi B Yonzipur I. Salah satu tugas dari batalyon yang dipimpinnya adalah membersihkan ranjau-ranjau yang dipasang oleh kelompok separatis Front Revolusi Kemerdekaan Timor-Leste (Fretilin).

    Siapa sangka, Suryo Prabowo harus kehilangan salah seorang anak buahnya. Adalah Kopral Amin, anak buah Suryo Prabowo yang mengalami luka parah akibat terkena ranjau di wilayah Larigutu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Letjen TNI Prabowo Nyaris Tembak Mati Anak Buah Sendiri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar