Kronologi Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 di Valencia

Daftar Isi


    Foto: Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 di Valencia. (AFP/JOSE JORDAN)


    Lancang Kuning -- Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Valencia, Minggu (15/11). Berikut kronologi Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020.
    Mir sempat memulai MotoGP 2020 dengan kurang meyakinkan. Pembalap 23 tahun itu dua kali gagal finis dari tiga balapan awal di MotoGP Spanyol dan MotoGP Ceko. Di antara dua balapan itu Mir mampu finis kelima di MotoGP Andalusia.


    Pada balapan MotoGP Spanyol, Mir gagal finis setelah mengalami kecelakaan di lap kedua. Sementara di MotoGP Ceko, juara dunia Moto3 2017 tersebut sial. Mir tersapu pembalap Tech3 KTM Iker Lecuona di tikungan 13 lap keempat.

    Titik balik Mir terjadi pada MotoGP Austria 2020. Pada balapan di Sirkuit Red Bull Ring itu Mir berhasil finis di posisi kedua. Di titik ini Mir belum dianggap sebagai salah satu kandidat juara dunia. Fabio Quartararo masih kokoh di puncak klasemen.

    Setelah gagal meraih podium di MotoGP Styria dengan finis keempat, Mir meraih tiga podium beruntun di MotoGP San Marino (finis 3), MotoGP Emilia Romagna (2), dan MotoGP Catalunya (2). Mir kemudian naik dua peringkat ke posisi dua klasemen MotoGP 2020 dengan hanya terpaut 8 poin dari Quartararo.

    Mir meraih finis terburuk jika mampu menyelesaikan balapan musim ini di MotoGP Prancis. Mir hanya mampu finis di posisi 11. Beruntung bagi Mir, Quartararo juga hanya mampu finis kesembilan. Alhasil Mir hanya terpaut 10 poin dari Quartararo di klasemen MotoGP 2020.

    Momen Mir menggeser Quartararo dari puncak klasemen MotoGP 2020 terjadi di MotoGP Aragon. Finis ketiga di MotoGP Aragon, ditambah Quartararo hanya mampu finis ke-18, membuat Mir naik ke puncak klasemen dengan keunggulan 6 poin.

    Keunggulan Mir di klasemen bertambah menjadi 14 poin usai finis ketiga di MotoGP Teruel dan Quartararo finis 8. Satu tangan Mir ada di gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah meraih kemenangan di MotoGP Eropa. Mir unggul 37 poin atas Quartararo dan Alex Rins usai MotoGP Eropa.

    Mir akhirnya memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 usai balapan MotoGP Valencia. Meski finis di posisi ketujuh, Mir tetap unggul 29 poin atas Franco Morbidelli dengan satu seri tersisa.


    Mir menjadi pembalap pertama Suzuki sejak Kenny Roberts Jr. pada 2000 yang menjadi juara dunia kelas primer Grand Prix. Pertama di era MotoGP.

    Hasil Joan Mir di MotoGP 2020
    MotoGP Spanyol: Gagal finis
    MotoGP Andalusia: 5
    MotoGP Ceko: Gagal finis
    MotoGP Austria: 2
    MotoGP Styria: 4
    MotoGP San Marino: 3
    MotoGP Emilia Romagna: 2
    MotoGP Catalunya: 2
    MotoGP Prancis: 11
    MotoGP Aragon: 3
    MotoGP Teruel: 3
    MotoGP Eropa: 1
    MotoGP Valencia: 7

    Sumber: CNN Indonesia.com
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kronologi Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020 di Valencia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar