Empat Hari 2 Survei, Kisaran 60 Persen Puas dengan Jokowi

Daftar Isi

    LancangKuning- Dua lembaga merilis survei kepuasan publik terhadap kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kurun waktu empat hari saja.

    Dua lembaga itu adalah Indo Barometer dan Populi Center.

    Dalam survei yang dirilis Kamis (5/11), Indo Barometer mencatat total 64,6 persen masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam satu tahun pemerintahan periode kedua 2019-2024.

    "Sebesar 64,6 persen publik puas dengan kerja Presiden Joko Widodo. Yang tidak puas 33,1 persen, tidak tahu/tidak jawab 2,3 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/11).

    Qodari mengatakan hasil survei tersebut lebih baik dari periode pertama Jokowi. Pada September 2015, Indo Barometer mencatat kepuasan terhadap Jokowi hanya 46,0 persen. Sementara 51,1 persen menyatakan tak puas.

    Baca Juga : Hujan Deras, Jalan Lintas Sumbar-Riau di KM 80 dan 81 Longsor Tadi Malam


    Pada survei terkini, Indo Barometer menemukan sejumlah alasan responden yang puas dengan kerja Jokowi. Beberapa di antaranya adalah Jokowi mempunyai hasil kerja nyata (27,1 persen), Jokowi orangnya merakyat (20,1 persen), serta banyak pembangunan infrastruktur (19 persen).

    Selain itu, ada pula sejumlah alasan dari responden yang tidak puas. Beberapa di antaranya adalah pemerintahan Jokowi menguntungkan pihak tertentu (16,4 persen), banyak tenaga kerja asing (13,4 persen, dan perekonomian Indonesia menurun (13,1 persen).

    Survei itu digelar Indo Barometer pada 10-17 Oktober 2020 terhadap 1.200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar sekitar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    Populi Center

    Empat hari setelah Indo Barometer, lembaga survei Populi Center juga merilis hasil survei mereka soal persepsi publik terhadap kinerja Jokowi di satu tahun periode kedua kepresidenannya.

    Populi Center menemukan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berda di angka 60,7 persen (53,2 persen pusa dan 7,5 persen sangat puas). Namun, angka tersebut tak menggembirakan bila dibandingkan dengan survei lembaga tersebut setahun lalu.

    Baca Juga : Jangan Berharap Lagi Barcelona, Neymar Ingin Setia Bersama PSG


    "Mengalami penurunan jika dibanding survei di bulan November 2019 dengan 65,1 persen. Sementara masyarakat yang menilai tidak puas dengan kinerja Presiden sebesar 36,1 persen (33,3 persen tidak puas dan 2,8 persen sangat tidak puas), angka ini naik dibanding survei sebelumnya yakni 17,7 persen," demikian rilis Populi Center, Senin (9/11).

    Dalam penjelasannya, Populi Center menduga penurunan kepuasan, serta naiknya ketidakpuasan dipengaruhi pandemi Covid-19 yang membuat kinerja pemerintahan Jokowi kurang optimal.

    Sementara untuk kinerja setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mayoritas masih menilai baik yakni 68,7 persen. Di luar itu, 25,6 persen menjawab buruk dan 5,3 persen tidak tahu atau tak menjawab.

    Survei Populi Center ini dilakukan pada 21-30 Oktober 2020. Survei melibatkan 1.000 orang responden di 100 kabupaten/kota yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

    Populi Center menggunakan margin of error 3,10 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dalam survei kali ini.

    (dhf/kid)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Empat Hari 2 Survei, Kisaran 60 Persen Puas dengan Jokowi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar