Pakar Ungkap Analisis Video Syur Mirip Gisel, Ini Hasilnya

Daftar Isi

    Foto: Beredar video porno mirip Gisella Anastasia.

    Lancang Kuning, JAKARTA – Pakar Telematika, Roy Suryo, mencoba mengalisis video syur berdurasi 19 detik yang heboh diperbincangkan oleh warganet karena mirip dengan seorang artis cantik, gisel">Gisella Anastasya.

    Pertama-tama, sampel wajah dari video tersebut diperbandingkan dengan materi yang sudah bisa dipastikan keasliannya sebagai pembanding dari artis yang disebut-sebut "mirip". Dari keduanya dibuat matriks yang meliputi perbandingan bentuk wajah, mata, hidung, bibir, jarak masing-masing di antaranya dan sebagainya.

    "Jadi apabila kemarin saya menyatakan bahwa video 19 detik yang disebut-disebut mirip artis GA tersebut masih harus diteliti lebih Intensif lagi," kata Roy Suryo kepada VIVA di Jakarta, Senin, 9 November 2020.

    "Karena memang secara ilmiah dan scientific tingkat kemiripannya masih di bawah 75 persen, tepatnya adalah antara 72 persen sampai dengan 74 persen dengan software face comparator (recognizer)," tambahnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Maka kemarin statement yang ia sampaikan adalah masih menghormati asas praduga tidak bersalah karena berdasarkan hasil di atas, sehingga perlu uji ilmiah lebih lanjut sebelum siap digunakan sebagai materi yang layak dalam sebuah kasus hukum.

    "Namun uniknya ketika hari ini saya gunakan software 'face matcher (combiner)' untuk wajah wanita dalam video 19 detik dan sampel wajah artis GA yang diambil dari berbagai sosial medianya, maka hasil yang didapat diketemukan wajah seperti terlampir," ujarnya.

    Dengan demikian, Roy pun harus menyampaikan hipotesis bahwa video 19 detik tersebut sudah siap untuk dilakukan uji lanjut oleh pihak-pihak terkait, dalam hal ini kepolisian, agar mendapatkan kejelasan faktual dan kepastian hukumnya.

    "Hal ini penting saya sampaikan agar kasus video ini segera mendapatkan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Apalagi dengan sudah adanya berbagai pihak yang melaporkannya kepada pihak berwajib dan saya siap membantu dengan memberikan bukti-bukti ilmiah analisis di atas," katanya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pakar Ungkap Analisis Video Syur Mirip Gisel, Ini Hasilnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar