Otak-otak Tanjungpinang, Miliki Cita Rasa Paling Gurih Dari Otak-Otak Lainnya

Daftar Isi

    Otak –otak  merupakan makanan yang banyak terdapat dari daerah lain, biasanya otak-otak  dibuat dengan ikan tenggiri, namun otak-otak khas daerah tanjungpinang bukanlah otak-otak  yang biasa pada umumnya, berdasarkan dari peninjauan para penyicip otak-otak dari daerah  lain, maka otak-otak khas tanjungpinang memiliki rasa yang sangat enak. 

    Otak-otak Tanjungpinang memiliki warna jingga yang pekat dan rasa yang sedikit pedas.  Bumbu rempah yang sangat khas dan juga kuat menjadikan otak-otak tanjungpinang sangat  nikmat. Adonan khas makanan ini membuat otak-otak tanjungpinang berbeda jauh dengan  otak-otak yang berasal dari daerah Makasar dan Jakarta ataupun daerah lainnya.

    Di Tanjungpinang, otak-otak selain terbuat dari jenis ikan seperti tengiri, kakap, layur,  atau ikan-ikan lainnya yang berdaging putih, otak-otak juga terbuat dari sotong atau yang  lebih akrab dengan sebutan cumi-cumi, dimana ikan dan cumi-cumi, langsung dan baru ditangkap, sehingga otak-otak tanjungpinang sangat gurih dan segar. Kebayangkan gimana enak dan lezatnya makanan ini. Dengan adonan ikan dan cumi-cumi yang masih segar dan bumbu rempah  yang khas membuat renyah otak-otak khas tanjungpinang. 

    Adonan Otak-otak tanjungpinang   biasa dicampur dengan parutan kelapa, ataupun santan kental serta telur. kemudian adonan dibungkus dan di bakar hingga matang. Pembungkusnya berbeda  dengan otak-otak pada umumnya yang menggunakan daun pisang, namun otak-otak tanjungpinang  dibungkus dengan daun kelapa.

    Rasa otak-otak tanjungpinang hampir sama dengan otak-otak daerah lain hanya saja takaran  bumbu otak-otak  tanjungpinang dilebihkan pada kunyit dan cabai dan adonan otak-otak ini  dicampur dengan cumi-cumi yang dipotong cacah kecil. Perpaduan antara ikan dan cumi-cumi  menjadikan otak-otak ini memiliki rasa yang sangat enak. 

    Aroma bumbu yang sangat menggiyurkan menyegat kuat karena otak-otak tanjungpinang hanya  sedikit menggunakan tepung dan ada juga sebagian yang tidak menggunakan tepung  sebagai  campuran dalam adonan. Tampilan otak-otak tanjungpinang tidak kenyal, tapi agaklembut. 

    Porsi yang disajikan pada tiap bungkus daun kelapanya memang sangat sedikit. Untuk mencicipi otak-otak ini maka kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 1.000,- sampai Rp. 2.000,- saja per bungkusnya, otak-otak tanjungpinang ini dapat ditemukan  di berbagai tempat  terutama di Tepi Laut dan seputar pelabuhan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Otak-otak Tanjungpinang, Miliki Cita Rasa Paling Gurih Dari Otak-Otak Lainnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar