Terjerat Pesona Desa Wisata Tembi di Jogja

Daftar Isi


    Foto: Guwosari di Jogja. (Foto: dok. CNN Indonesia TV)

     

    Lancang Kuning -- Jogjakarta selalu identik dengan kekayaan budaya dan alam. Salah satu objek wisata budaya yang wajib dikunjungi di Kota Gudeg ini adalah Desa Wisata Tembi, desa di mana semua penduduknya sangat ramah dan sebagian besar hidup dari pertanian.
    Desa Wisata Tembi terletak di bagian selatan Jogja, berada di kelurahan Timbul Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

    Baca Juga: Pemerintah Pulangkan 157 ABK dari Kapal Ikan Asal China

    Di desa ini, wisatawan berkesempatan menjelajah daerah sekitar menggunakan andong, transportasi sejenis dokar yang menggunakan kuda. Sepanjang perjalanan mengelilingi daerah ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan hamparan persawahan nan hijau.

    Dihuni oleh masyarakat pertanian yang ramah, di Desa Tembi wisatawan bisa mengalami langsung kegiatan bertani, seperti menanam padi, atau membajak sawah menggunakan kerbau bersama masyarakat. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di desa eksotis ini yakni berkunjung ke Rumah Budaya Tembi.

    Rumah Budaya Tembi sendiri adalah sebuah museum yang menyimpan 3.000 karya seni yang digunakan pada era terdahulu. Mulai dari peralatan masak, perlengkapan membatik, alat musik gamelan, hingga senjata seperti keris. Interior museum ini bernuansa khas rumah bangsawan Jawa kuno.

    Dengan jumlah penduduk sebanyak 866 orang, pengelola Desa Wisata Tembi menyediakan akomodasi sebanyak 46 homestay bagi wisatawan dengan tarif mulai Rp75 hingga Rp750 ribu rupiah. Di sini, pihak pengelola juga mewajibkan wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah pengunjung.
     

    Baca Juga: Amien Rais Ingin Gabung Partai Ummat dengan Masyumi Reborn

    Untuk menikmati kuliner khas pedesaan, wisatawan dapat beralih ke Desa Guwosari yang identik dengan masakan ingkung ayam. Masyarakat yang mahir memasak makanan tradisional ini bakal meracik sedemikian rupa dengan banyak komponen, hingga menjadi hidangan yang gurih dan manis.

    Ingkung Ayam dimasak dengan beragam jenis bumbu dapur, ditambah santan sampai kuah meresap seluruhnya pada daging. Ingkung ayam bakal menggugah selera ketika dihidangkan dengan kuliner khas Jogja lain yaitu gudeg nangka, jantung pisang, atau kombinasi aneka sayur mentah yang dipadu parutan kelapa.

    Baca Juga: Video Gisel Trending, Ini Deretan Skandal Artis Ini Juga Menggegerkan  

    Selain itu, destinasi lain yang sebaiknya tak dilewatkan adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di area pantai Parangtritis. Gumuk Pasir ini merupakan satu-satunya gurun pasir di kawasan Asia Tenggara, selain gurun di Afrika.

    Di tempat ini pengunjung bisa bermain sandboard, menurun dari atas bukit pasir hingga mencapai keseimbangan, berdiri di atas papan yang telah dilapis lilin. Selain dari atas gumukan pasir, permainan sandboarding juga bisa dilakukan wisatawan sepanjang pantai Parangtritis yang landai, menikmati buih dan hamparan lautan sambil berpegangan pada tali yang ditarik dengan mobil pengelola wisata.

    Dalam berwisata #DiIndonesiaAja, wisatawan diharapkan mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai dan membawa cadangan masker, rajin mencuci tangan di bawah air mengalir dengan sabun, membawa hand sanitizer dan perlengkapan pribadi seperti peralatan makan, serta menjaga jarak, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (LK)

     

    Sumber: CNN Indonesia.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terjerat Pesona Desa Wisata Tembi di Jogja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar