Tips Agar Presentasi Kamu Sukses di Depan Audience

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menjadi mahasiswa tentu dikelilingi dengan beragam tugas setiap harinya. Tidak hanya sekedar tugas mencari materi atau informasi namun mahasiswa juga dituntut mampu mempresentasikan materi yang diperoleh.

    Presentasi itu sendiri bukan hal yang asing lagi bagi mahasiswa bahkan untuk seorang siswa-pun saat ini dituntut untuk berani mempresentasikan pengetahuan yang dimiliki mengenai tugas yang diberikan sebelumnya.

    Tujuan presentasi itu sendiri adalah membuat para audience paham mengenai informasi yang kamu sampaikan, dan tentunya harus membuat para audience atau dosen yang menilai terkesan dengan presentasi yang kamu sampaikan.

    Agar itu semua bisa terwujud tentu saja butuh usaha dan perjuangan. Berikut beberapa tips agar presentasi kamu suskes di hadapan audience dan dosen.

    1. Tampil Serapi Mungkin

    Penampilan adalah hal nomor satu yang harus kamu perhatikan, soalnya penampilan akan menjadi pusat perhatian dan kesan pertama audience. Selain itu visual juga akan berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri. Gunakan pakaian yang sesuai dengan karakter hadirin dan situasi pertemuan dan tentunya se-nyaman mungkin untuk kamu. Ingat tujuanmu adalah memberi pemahaman untuk banyak orang, berilah kenyamanan pada dirimu sendiri dengan begitu akan mudah bagimu untuk menyampaikan materi.

    1. Mempersiapkan Materi Jauh-Jauh Hari

    Kamu harus menguasai materi yang kamu sampaikan nantinya saat presentasi, untuk itu kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Saat presentasi kamu adalah orang yang dianggap paling menguasai materi dibandingkan audience. Biasanya audience akan memperhatikan dan menganggukkan kepala apabila benar-benar paham dan mengikuti alur presentasimu. Hal itu juga menjadi salah satu indikator bahwa kamu telah sukses membawakan presentasi.

    1. Menyapa Para Audience

    Saat ingin menyampaikan materi kamu juga harus menyapa para audience. Kebanyakan dari kamu kerap kali lupa untuk menyapa audience karena terlalu fokus dengan materi yang akan disampaikan. Selain menyapa di sela-sela penyampaian materi kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan ringan khusus untuk para audience, tujuannya agar presentasimu terlihat hidup dan tidak membosankan.

    1. Variasi Intonasi

    Gunakan intonasi suara untuk setiap kata atau kalimat yang dianggap kunci utama. Hal ini akan membuat hadirin menjadi fokus terhadap apa yang kita ucapkan.

    1. Menghilangkan Kebiasaan

    Setiap manusia pasti memiliki kebiasaan pada dirinya entah itu kebiasaan baik maupun buruk, tak lepas dari saat presentasi atau penyampaian materi. Kebiasaan yang sering dijumpai pada saat forum diskusi biasanya orang yang memberikan materi sering mengulang kata dalam beberapa kalimat. Bahkan ada kebiasaan menggerakkan anggota tubuhnya, tentu ini sangat mengganggu dan perlu dihilangkan.

    1. Ekspresi

    Jika kamu presentasi dengan mimik wajah yang datar tidak akan membuat hadirin merasa nyaman. Mimik/ekspresi yang beragam, akan membuat audience tertarik untuk mendengarkan paparan kamu. Ingat, bahwa presentasi tidak sekadar mengomunikasikan gagasan, konsep, atau informasi, tetapi juga ajang untuk mengekspresikan diri Anda secara total.

    1. Bahasa Tubuh/Gestur

    Untuk membantu proses imajinasi peserta kamu harus menggunakan gestur berupa gerakan tangan, posisi badan, tatapan mata, dan beragam gerakan lainnya, hal itu juga dapat meningkatkan interaksi kamu dengan audience.

    Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar presentasi kamu sukse. Semoga Bermanfaat.(Ulti)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Presentasi Kamu Sukses di Depan Audience
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar