KPU Inhil Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota Legislatif

Daftar Isi

    LancangKuning.Com, TEMBILAHAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir mensosialisasikan tahapan pencalonan DPR Pusat, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pemilu di tahun 2019, Senin (23/4/2018). 

    Dimana pemilu di tahun 2019 nanti akan dilaksanakan serentak bersamaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 21 April. 

    Kegiatan yang berpusat di Hotel Harmoni, Tembilahan dibuka langsung oleh Ketua KPU Indragiri Hilir H Suhaidi, turut pula dihadiri Sekretaris KPU Inhil H Hamsani, Komisioner KPU Inhil Muhammad Dong, Divisi SDM dan Parmas KPU Inhil Hj. Hasni dan jajaran KPU Inhil serta para peserta sosialisasi. 

    Komisioner KPU Indragiri Hilir Muhammad Dong menjelaskan, tahapan soslialisasi ini kami sampaikan lebih dulu supaya calon legislatif bisa mempersiapkan syarat pencalonan  anggota Legislatif di pemilu tahun 2019 mendatang. 

    "Sampai saat ini PKPU belum disahkan, dan masih dalam proses uji publik dengan DPR Pusat. Oleh karena itu, kita berinisiatif melakukan sosialisasi ini lebih dulu, dan ketika sudah disahkan akan kita sampaikan lagi," kata M Dong, Selasa (24/4/2018). 

    Menurut Kalender Pemilu 2019 tentang pendaftaran dan Verifikasi calon anggota DPR, dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota, pengumuman pengajuan daftar calon pada tanggal 1-3 Juli 2018. 

    Verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon meliput, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten jadwal pada tanggal 5-18 Juli 2018. 

    Sedangkan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi dimulai pada 19-21 Juli 2018. Terakhir, perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota legislatif pada tanggal 22-31 Juli 2018. 

    Jumlah yang akan diperebutkan calon anggota DPRD di Indragiri Hilir yakni 45 Kursi yang tersebar di seluruh Kecamatan di Inhil. 

    Dapil 1, Tembilahan dan Tembilahan Hulu sebanyak 4 Kursi jumlah penduduk di dua kecamatan 114,668 ribu jiwa. Dapil ll, Kecamatan Batang Tuaka, Gaung Anak Serka dan Gaung total penduduk 81,431 ribu jiwa. 

    Dapil lll Mandah dan Pelanggiran, penduduk 63,532 ribu jiwa. Dapil lV Teluk Belengkong, Kateman dan Pulau Burung 63,15 ribu jiwa. Dapil V, Concong, Kuala Indragiri, Tanah Merah dan Enok total penduduk, 32,089 ribu jiwa. 

    Dapil lV, Reteh, Sungai Batang, Keritang dan Kemuning, 138,829 ribu jiwa. Dan dapil Vll Tempuling dan Kecamatan Kempas, 67,192 ribu jiwa. Data ini berdasarkan salinan asli sekretaris Jendral Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.*(Har)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel KPU Inhil Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota Legislatif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar