Referensi Islam Bagi Anak-anak

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Oleh Ustadz Felix Siauw

    Tiga tahun terakhir ini, anak-anak dan generasi muda betul-betul memenuhi kepala saya. Bagaimana agar mereka bisa paham Islam lebih cepat, lebih awal, lebih bagus dari sebelumnya.

    Sebab tanda berhasilnya pendidikan adalah generasi yang lebih dari sebelumnya. Paham Al-Qur'an lebih muda, hafal hadits lebih banyak, di jalan dakwah lebih dulu, dan seterusnya.

    Semakin menanamkan kepedulian pada generasi muda, maka semakin sedih sebetulnya. Sebab proses perusakan generasi muda sekarang sangat sistematis, dari individu sampai negara.

    Level individu, kita direpotkan banyaknya anak-anak korban broken home, berkata kasar, berlaku brutal, membully dan mencontohkan hal yang tak baik bagi teman-temannya.

    Secara jamaah, kita saksikan jerat game online, pacaran dan geng-geng tak jelas, tayangan tak mendidik sampai tawuran berkala, dan jauhnya mereka dari kajian-kajian Islam.

    Tingkat negara jangan tanya. Kreativitas di pejabat tinggi di dilambangkan dengan k-pop. Joged dan dansa jadi menu wajib pertanda tinggi adab .Laa haula wa laa quwwata illa bilah.

    Belum lagi pemegang kuasa pendidikan, merayakan hari pendidikan dengan nonton film bareng, isinya kemaksiatan miskin prestasi, minus akhlak apalagi Islam.

    Tapi bukan Islam bila hanya mengutuk tanpa memberikan solusi. Di tengah keterbatasan dan kekurangan kami, kami coba untuk hadirkan, bagaimana referensi bagi generasi muda.

    Alhamdulillah usaha tiga tahun ini berbuah, walau belum terasa. Setidaknya ada beberapa buku komik yang sudah kami siapkan bagi anak-anak, agar tahu tentang agamanya.

    Tidak hanya itu, insyaAllah akan hadir juga wahana belajar sejarah Islam khusus bagi anak-anak generasi muda. Museum Islam yang bisa dinikmati keluarga.

    Tantangan bagi generasi muda bukan hanya menyederhanakan pemikiran Islam, tapi juga mencari cara yang paling tepat untuk menginstall pemikiran Islam itu sejak dini.

    *Felix Siauw adalah penulis, pengemban dakwah, bersama yang menginginkan kebangkitan Islam. Tulisan ini diambil dari akun instagram pribadinya @felixsiauw, Minggu (22/4/2018). (LK/yopi)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Referensi Islam Bagi Anak-anak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar