Dakwah Jangan Baper

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Oleh Ustadz Felix Siauw

    Begitu mudah kita merasa tersinggung, tersanjung, atau bahkan merasa sakit hati, tinggi diri, dan semua itu gara-gara manusia. Semua dibawa perasaan.

    Padahal dakwah tidak ada urusannya sama sekali dengan manusia, dakwah itu perintah Allah, tentang agama Allah, mencari ridha Allah.

    Lalu mengapa kita masih membiarkan manusia mengambil alih? Mengapa kita masih menyisakan sebagian hati dan pikiran kita untuk respons manusia?

    Manusia tak memberi pahala satu sama lain, pun tak bisa menentukan yang lain akan disiksa. Cukup kita pahami Al-Qur'an dan As-Sunnah, kuatkan dalil, indahkan akhlaq, luruskan lisan, lalu berdakwahlah.

    Adapun manusia, takkan pernah puas sebagian mereka dengan dakwah yang kita lakukan, sebab mereka pikir yang tahu hanya mereka dan yang lain selalu salah.

    Ada pula manusia yang telinga mereka tersumbat dari kebenaran, marah saat menerima kebaikan, lisan dan pikirannya dipenuhi nyinyir dan sumir, tak perlu risau, ini jalan dakwah.

    Ingat-ingat, bagi mereka yang mengharapkan ridha Allah, maka penilaian manusia harus segera dikeluarkan dari hitungan dakwah, hanya kepada Allah kita berharap.

    Pada titik itu, pujian dan cacian rasanya sama, semata lisan manusia. Yang penting kita masih bisa berdakwah, yang penting kita masih bisa taat pada Allah.

    Jangan menyandarkan amal pada manusia karena itu sia-sia, sungguh jawab yang paling baik pada tiap-tiap yang meragukan dirimu adalah karya. Maka berkaryalah dalam dakwah, berkarya karena Allah.

    *Felix Siauw adalah penulis, pengemban dakwah, bersama yang menginginkan kebangkitan Islam. Tulisan ini diambil dari akun instagram pribadinya @felixsiauw, Selasa (17/4/2018). (LK/yopi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dakwah Jangan Baper
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar