Menara Gentala Arsy, Icon Wisata Budaya yang Unik di Kota Jambi Miliki Kekhasan Tersendiri

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Gentala Arasy di kota Jambi merupakan salah satu objek wisata budaya dan sejarah, museum budaya yang memiliki corak arsitektur Islam yang terdapat di tepi Sungai Batanghari, Jambi. Selain museum dan ruang terbuka publik, bagian belakang museum terhubung dengan daerah seberang sungai, dengan adanya jembatan pedestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter. 

    Meskipun terbilang baru jembatan ini tak kalah mendapati banyak pengunjung karena keunikan bangunan dan juga keunikan jembatan yang hanya boleh digunakan oleh para pejalan kaki. Jembatan Gentala Arasy dibangun dengan anggaran senilai Rp 88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012-2014. Bangunan ini merupakan proyek dari masa pemerintahan Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 28 Maret 2015.

    Di puncak menara museum, terdapat jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan. Gentala arasy adalah singkatan dari gena tanah lahir abdurahman sayuti ini merupakan sebagai persembahan kehormatan untuk mantan gubernur jambi. Jembatan ini memiliki  bentuk berkelok-kelok seperti huruf S. Kendaraan tidak dibenarkan lewat di jembatan ini karena icon unik ini hanya untuk penikmat pejalan kaki, sehingga puas dan bebas menikmati keindahan jembatan dan menara sambil menikmati keindahan sungai Batanghari. 

    Meskipun terbilang baru namun jembatan Getala Arasy merupakan icon khas kota Jambi. Dibangun diatas sungai Batanghari. Jembatan ini ini memiliki dua ikonik yang khas yaitu, Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Namun penyebutan jembatan Gentala Arsy lebih booming di kalangan masyarakat setempat. Jika ingin mengitari Sungai Batanghari maka kita pun dapat menyewa kapal yang ada di pinggiran Sungai Batanghari. 

    Menara ini menggambarkan mengenai sejarah penyebaran Agama Islam di kota Jambi. Tak hanya sekedar menara biasa tanpa makna.  Dan juga berfungsi sebagai museum islami. Di museum ini kita dapat melihat berbagai macam bukti dan sejarah perkembangan Islam di Kota Jambi. Bentuk Menara ini juga cukup unik, menyerupai sebuah bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara. 

    Dan Tidak hanya sekedar tempat wisata untuk berjalan kali menikmati pemandangan lalu lintas kapal di Sungai Batanghari, ketika malam hari Jembatan Gentala Arasy juga dijadikan salah satu pusat wisata kuliner di Kota Jambi. Kita dapat menemukan berbagai macam makanan ataupun olahan kuliner khas Kota Jambi di tempat ini. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menara Gentala Arsy, Icon Wisata Budaya yang Unik di Kota Jambi Miliki Kekhasan Tersendiri
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar