Kabar Buruk buat Israel, Iran Kirim Senjata Penakluk Amerika ke Suriah

Daftar Isi


    Foto: Sistem rudal pertahanan udara Khordad-3 milik Iran.

     

    Lancang Kuning – Kabar buruk untuk Israel. Ternyata secara diam-diam ternyata Republik Iran telah mengerahkan sistem rudal pertahanan udara anti-pesawat ke Suriah.

    Malah informasi yang dihimpun VIVA Militer dari DFN Arab, Minggu 30 Agustus 2020, tak tanggung-tanggung Iran telah mengerahkan tiga unit sekaligus sistem rudal pertahanan udara.

    Sistem rudal yang dikerahkan Iran ke Suriah ialah buatan industri senjata dalam negeri, yaitu Khordad-3. Ketiga sistem rudal itu kini sudah ditempatkan di beberapa lokasi di sekitar perbatasan Suriah dan Lebanon.


    Khordad-3 bukan sistem rudal pertahanan udara biasa, senjata itu memiliki jangkauan serang target mencapai 75 hingga 105 kilometer.

    Dengan keberadaan Khordad-3 ini, maka dipastikan jet-jet tempur F-16 Israel dalam bahaya. Sebab militer Israel tak bisa lagi seenaknya menggempur Suriah dari langit sekitar perbatasan Lebanon. Disebutkan Khordad-3 dikirim Iran ke Suriah melalui Pangkalan udara Hmeimim.

    Memang sebelumnya Iran sempat mengumumkan niatnya untuk membantu Suriah menghadapi gempuran rudal-rudal yang ditembakkan Israel melalui jet-jet tempur dari wilayah sekitar perbatasan Lebanon. Tadinya diperkirakan Iran akan kirim sistem rudal pertahanan udara BAVAR-373 yang memiliki jangkauan tembak mencapai 300 kilometer, ternyata yang dikirimkan Khordad-3.


    Perlu diketahui, Khordad-3 bukan sistem pertahan udara abal-abal. Senjata ini telah membuktikan kefektifannya. Sebab pada Juni 2019, sistem jenis SAM ini menembak jatuh pesawat tanpa awak canggih Amerika, RQ-4 Global Hawk di Selar Hormuz. UAV Amerika seharga Rp1,5 triliun itu ditembak dalam jarak 34 kilometer. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kabar Buruk buat Israel, Iran Kirim Senjata Penakluk Amerika ke Suriah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar