Jangan Kaget, Segini Harga Vaksin Covid-19 dari China

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi vaksin



    Lancang Kuning – Perusahaan Sinopharm milik China telah mengajukan kisaran harga umum untuk dua kandidat vaksin corona yang sekarang dalam pengembangan tahap akhir. Harganya pun kini mulai dibuka ke publik secara terang-terangan.

    “Vaksin ini tidak akan dihargai terlalu tinggi,” Ketua Sinopharm Liu Jingzhen mengatakan kepada media lokal Guangming Daily (China)

    “Diperkirakan biayanya beberapa ratus yuan untuk satu suntikan, dan itu akan menjadi kurang dari 1.000 yuan (USD145 setara dengan Rp2,1 juta) untuk dua dosis," lanjut dia.


    Baca juga:  Biadab, Tentara Israel Tembak Pemuda Palestina Dekat Mesjid Al-Aqsha

    Sinopharm, melalui unit CNBG-nya, memiliki dua kandidat vaksin yang tidak aktif dari lembaga penelitian biologi di Beijing dan Wuhan. Mereka memasuki pengujian fase 1/2 pada bulan April dan menyampaikan hasil awal pada bulan Juni.

    Menurut data sementara fase 2 yang baru-baru ini diterbitkan di JAMA, suntikan Wuhan, dengan dosis sedang, memicu antibodi penetral pada titer rata-rata geometris 121 ketika dua dosis diberikan dengan selang waktu 14 hari, dan 247 saat diberikan dengan selang waktu 21 hari.

    Baca Juga: Evolusi Komputer Secara Singkat.


    “Titer antibodi mulai meningkat setelah injeksi kedua dan selanjutnya meningkat setelah injeksi ketiga, menunjukkan perlunya injeksi booster,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut. 

    Sinopharm ke Uni Emirat Arab untuk uji coba fase 3 karena penyakit ini sebagian besar telah dikendalikan di China. Studi tersebut telah menyelesaikan target pendaftaran 15.000 sukarelawan, Kantor Berita Emirates melaporkan pada hari Kamis.

    Baca Juga: Klaster Perkantoran Pekanbaru, 12 Pegawai BPKAD Positif Covid-19

    Liu mengatakan produk Sinopharm dapat mencapai pasar pada akhir tahun. Itu akan menjadi jadwal yang sangat ketat, mengingat fase 3 dimulai pada akhir Juni. Fasilitas perusahaan di Beijing dan Wuhan memiliki kapasitas yang cukup untuk membuat lebih dari 200 juta dosis setahun.

    Mereka juga mencatat bahwa tingkat antibodi penetral sebanding dengan yang terlihat pada penelitian lain pada kandidat dari Moderna, Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca-Oxford. Dengan Rp2,1 juta untuk rejimen dua dosis, produk Sinopharm bahkan akan lebih mahal daripada vaksin yang ditawarkan dalam pengadaan massal ke A.S., di mana obat-obatan umumnya lebih mahal.
     

    Baca Juga: Ini Sederet Artis yang Dikabarkan Bolak-balik Pindah Agama

    Seperti AstraZeneca, bekerja sama dengan Universitas Oxford, kira-kira vaksin menjadi USD4 atau Rp59 ribu per dosis. Johnson & Johnson menawarkan 100 juta dosis kandidatnya, Ad26.COV2.S, ke AS dengan USD10 atau Rp145 ribu per dosis. Pfizer dan mitra Jerman BioNTech setuju untuk mengirimkan 100 juta dosis suntikan mRNA mereka ke pemerintah AS senilai USD1,95 miliar. Moderna mengatakan itu membebankan antara USD32 atau Rp472 ribu per dosis. (LK)

    Sumber: Viva.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jangan Kaget, Segini Harga Vaksin Covid-19 dari China
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar