Evolusi Komputer Secara Singkat.

Daftar Isi

    LancangKuning Sebelum memasuki Evolusi dari pada sebuah computer sendiri kita perlu tahu bahwa computer pertama kali ialah Charless Babbage Pada tahun 1822 di Inggris. Dan beliau merupakan seorang polymath sekaligus insinyur mesin. adapun beberapa Evolusi dari Komputer ini sendiri di antara lain sebagai berikut:

    Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

    ENIAC

    Electronic Numerical Integrator and Calculator atau ENIAC merupakan gen pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum konvensional terutama sebagai mesin hitung di masa itu dan terus berkembang. Pamroposal ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai didirikan pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly & John Presper Eckert bertepatan di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru usai pada tahun 1946.

    ENIAC berukuran sangat besar pada masanya hingga saat ini, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18 ribu tabung hampa udara atau kedap udara, 75 ribu relay dan saklar, 10 ribu kapasitor, dan 70 ribu resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 KW (Kilo Watt) dengan berat Kurang lebih 30 ton, dan menempati suatu ruangan 167 m2.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mesin Von Neumann

    Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli dan ilmuan matematika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC sendiri. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept atau system yang akan dapat membackup suatu perintah dengan memanfaatkan memori dan sebuah konsep untuk mempermudah suatu program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data yang tersimpan dan terkelola.

    Komputer Komersial Pertama

    Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

    Komputer generasi kedua ditandai dengan berbagai aspek di dalamnya sebagai berikut :

    * Memakai teknologi sirkuit berupa transistor & diode sebagai pengganti tabung vakum.
    * Telah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih dapat di pahami oleh manusia atau user.
    * Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Storage Core.
    * Menggunakan Penyimpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
    * Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing yang lebih efisien.
    * Untuk ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
    * Proses operasi dari segi sistem sudah lebih cepat dan efisien, yaitu jutaan operasi perdetik.
    * Kebutuhan daya listrik lebih kecil dan kemampuan lebih.
    * Orientasi program tidak hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik dan lainnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    UNIVAC III (Universal Automatic Computer 3)

    Dibanding denga tabung hampa, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik yang lebih bisa di terima pada suatu ruangan yang minim. Pada tahun 2001 peneliti dari pihak Intel telah memperkenalkan chip IC Silikon paling kecil dan paling cepat di dunia untuk pertama kalinya, dengan ukuran 20nm sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20’ GHz (Giga Hertz).dan  Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.

    Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

    Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil atau sering disebut dalam satuan nanometer. Silicium yang mempunyai ukuran milimeter berhasil diciptakan dan dikembangkan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit/IC Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga ini.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Komputer generasi ketiga ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :

    * Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan efisien. Kecepatannya hampir 10 ribu kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
    * Peningkatan dari sisi software.
    * Menggunakan media penyimpanan memori luar seperti disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access atau ram) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
    * Penggunaan listrik lebih hemat dan efisien.
    * Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking yang lebih bagus.
    * Telah menggunakan terminal visual display atau awal mula VGA dan dapat mengeluarkan suara.
    * Harganya semakin murah dengan kemampuan yang lebih dan efisien
    * Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain atau telekomunikasi.

    Komputer Generasi Keempat

    Pada generasi keempat ini melahirkan suatu Komputer IBM 370, Apple I, PDP-11, VisiCalc yang menggunakan prosesor “Intel 8080”, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman tingkat tingginya Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Perlu di catat bahwa pada komputer generasi keempat ini tidak satupun PC-Compatible atau Macintosh-Compatible atau Not Support. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer yaitu personal computer (PC).

    Komputer Generasi Kelima (1980 hingga sekarang)

    Akhir tahun 1980,pihak perusahaan IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal dan konvensional hingga saat ini, dan pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC pertama hingga saat ini, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standarisasi IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah “8088/8086” yang menjadi standar komputer pada saat ini, menggunakan basis proses 16 bit perdetik waktu. Dengan munculnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan pihak Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya atau saling terintegrasi. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC dan Developer standar Aplikasi pada PC.(Heru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Evolusi Komputer Secara Singkat.
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    16%

    Komentar