Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Desain Interior

Daftar Isi

    LancangKuning Kembali lagi dengan admin, sebagai salah satu syarat untuk menjadi desainer interior, kalian harus menjalani perkuliahan dan mengambil bidang arsitek dengan jurusan desain interior terlebih dahulu. Banyak orang yang tidak tahu dan tidak tertarik dengan bidang keilmuan ini. Dikarenakan harus memiliki passion dan skill (kemampuan) yang mumpuni di bidang ini.

    Di Indonesia sendiri jurusan desain interior tidak terlalu popular, bahkan di universitas / perguruan tinggi masih sangat jarang. Dikarenakan masih banyak persepsi masyarakat yang lebih menginginkan pekerjaan kantor seperti bidang administrasi dan akuntasi yang hanya menghandalkan ketelitian dan kejelian.

    Lumayan banyak universitas / perguruan tinggi yang menyediakan jurusan desain interior ini, seperti Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Kesenian Jakarta, dan lainnya. Dimana terbukti menghasilkan lulusan yag berkualitas di Indonesia.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Untuk mendukung proses pembelajaran di perkuliahan, kalian sebaiknya melanjutkan untuk belajar desain interior di rumah secara otodidak. Dengan mengandalkan forum dan media daring, kalian bisa berdiskusi dan memperkuat daya kreativitas dalam mendesain sesuatu.

    Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jurusan desain interior, lebih baik kalian harus mengetahui apa itu jurusan desain interior.

    Apa itu Jurusan Desain Interior ?

    Desain Interior merupakan disiplin ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam sebuah bangunan. Bidang ini berkaitan dengan seni dan estetika, jadi kalian diharuskan sekreatif mungkin, memiliki kepercayaan diri, bisa berkomunikasi dengan baik, punya kemampuan tim yang biak dan mudah untuk beradaptasi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Kurikulum dalam jurusan desain interior mencakup pengetahuan seni (estetika, menggambar, sejarah desain), pengetahuan desain (elemen prinsip ruang, faktor manusia di dalam sebuah desain, psikologi persepsi, dan psikologi lingkungan), praktik desain interior (programming, desain proses, presentasi dan komunikasi), serta pengetahuan memngenai teknologi bangunan, material, fisika bangunan, lingkungan alam, dan binaan social, budaya dan ekonomi.

    Seiring dengan perkembangan teknologi, para lulusan ini juga di haruskan menguasai pengetahaun mengenai :

    • Tekstil, bahan, warna, perencanaan ruang keberlanjutan, dan lainnya.
    • Menggunakan aplikasi untuk desain berbantuan computer 2D & 3D ( CAD ) dan pemodelan informasi bangunan ( BIM ).
    • Persyaratan structural, mengenai masalah keselamatan dan kesehatan dan kode bangunan.

    Kelebihan dan kekurangan jurusan Desain Interior

    Seperti yang kalian ketahui segala sesuatu tidak ada yang sempurna, setiap suatu hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama seperti jurusan desain interior ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan jurusan desain interior yang harus kalian ketahui :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Kelebihan dari desain interior tentunya kalian akan mendapatkan karier yang lebih terspecialisasi seperti banyak sekali prospek kerja dalam bidang desain interior ini. Kalian juga dapat menjadi konsultan interior, manajer perusahan yang terkait dengan bidang desain interior, perancang desain interior, pengajaran atau dosen di jurusan desain interior dan peneliti di bidang desain interior, serta profesi dengan gaji yang tinggi lannya.

    Sedangkan Kelemahan dari desain interior ini adalah kalian lebih bahkan harus di tuntut untuk memperkenalkannya ke tengah masyarakat. Dikarenakan jurusan ini cukup terasa asing untuk di jadikan patokan karier. Dan juga banyak masyarakat Indonesia yang enggan memakai jasa para desain interior karena pada umumnya masyarakat Indonesia memiliki pendapatan yang rata – rata sehingga masyarakat Indonesia lebih memilih menghemat atau pun belajar otodidak, mencoba  dan mendesain sendiri bangunan atau pun property milik mereka sendiri, karena bisa menghemat pengeluaran.

    Sampai disini pembahasan dan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan desain interior kali ini, semoga kalian yang berniat masuk jurusan ini bisa segera masuk dan bisa meraih impian dan menjadi desainer interior terbaik di Indonesia.(Diandri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Desain Interior
    Sangat Suka

    60%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    20%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar