Balon Nurani Laporkan Belasan Kordes Rajut ke Polisi 

Daftar Isi

    Foto: dr Nurhadi SpOg (Kiri), Dody Pernando (Tengah) dan Kapten (Purn) Toni Sutianto, SH (Kanan) dari depan saat di Polres Inhu. 

    Lancang Kuning, INHU - Belasan kordinator desa (Kordes) dari pasangan Bakal Calon (Balon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rahmat (Rajut) dilaporkan ke Mapolres oleh lawan politiknya dr Nurhadi SpOG dan Kapten (Purn) Toni Sutianto SH (Nurani), Sabtu (18/7) dengan dugaan tindak pidana pemalsuan tandatangan. 

    Parahnya lagi, dugaan pemalsuan tandatangan itu tidak kepada masyarakat biasa. Namun, terhadap pendukung Nurani yang menyandang jabatan sebagai Kordes. 

    Kata kuasa hukum dari Nurani, Dody Fernando SH MH saat mendampingi Nurhadi SpOG dan Kapten (Purn) Toni Sutianto SH setelah membuat laporan polisi mengatakan kepada media, bahwa dugaan pemalsuan itu terjadi di sembilan kecamatan. " Sebagai sampel, ada 19 koordinator desa (Kordes) kami di sembilan kecamatan tandatangannya dipalsukan," 

    " Hal ini berkaitan pada berkas dengan tandatangan palsu yang digunakan sebagai syarat dukungan oleh salah satu Balon yang juga maju dari jalur perseorangan," ucapnya. 

    Menurutnya, kecurigaan awal tentang pemalsuan tandatangan itu setelah dilakukannya verifikasi administrasi dukungan Balon dari jalur perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu. Dimana dari hasil verifikasi administrasi tersebut ditemukan sebanyak 6.260 dukungan ganda.

    Kecurigaan tersebut semakin mengerucut, ketika KPU melanjutkan tahapan yakni verifikasi faktual. "Ketika verifikasi faktual, sejumlah Kordes dan pendukung lainnya mengetahui KPT-nya ada pada pasangan lain," ungkapnya.

    Adanya indikasi pemalsuan tandatangan dukungan ini Balon Nurani merasa dirugikan. Untuk itu harapannya, atas laporan dengan melampirkan nama 19 Kordes dan pendukung Nurani di sembilan kecamatan itu, hendaknya penyidik Polres Inhu dapat memproses lebih lanjut. 

    "Mudah-mudahan, dari penyelidikan dan penyidikan dapat terungkap pelaku dan aktor dibalik tandatangan palsu tersebut," harapannya.

    Atas adanya laporan itu, Kapolres Inhu AKBP Efrizal Sik melalui Kasat Reskrim AKP Febriandi SIk ketika dikonfirmasi, membenarkan tentang adanya laporan tersebut. "Benar, selanjutnya akan dipelajari dan ditindaklanjuti," ujarnya. 

    Sisi lain, Langga Keristian, selaku Ketua Liaison officer (LO) bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rahmat (Rajut) saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, " tentang hal ini saya koordinasi ke atasan dulu ya," singkatnya. (Dan/LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Balon Nurani Laporkan Belasan Kordes Rajut ke Polisi 
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar