Tagar Kiamat Trending Topik, Kapan Itu Terjadi?

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi kiamat.

    Lancang Kuning – Di media sosial Twitter, sedang menjadi tren untuk tagar #kiamat. Bahkan, menempati urutan nomor dua daftar trending topik hari ini, Minggu 21 Juni 2020.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Seperti dkutip Sahijab dari Twitter, sejumlah warganet ada yang mengkaitkan hal itu dengan fenomena gerhana matahari yang akan terjadi hari ini dan disebut-sebut sebagai pertanda kiamat.

    Baca Juga: Alfedri Sebut, Orang Tua Lebih Memilih Pesantren untuk Pendidikan Anak

    Seperti diketahui, sejumlah wilayah di dunia, termasuk beberapa daerah di Indonesia, akan mengalami Gerhana Matahari Cincin. Beberapa informasi menyebutkan, istilah fenomena hari ini sebagai Gerhana Matahari Cincin Api Solstis atau Solstice.

    Baca juga: Colokan Ventilator Dicabut untuk Nyalakan AC, Pasien Corona Meninggal

    Namun, adanya pula warganet lainnya yang menghubungkan dengan ulasan perhitungan kalender Suku Maya di Amerika, yang ramai dibicarakan media sosial hingga media berita.

    Di mana, kalender ini menyebutkan bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang terburuk bagi banyak orang di kehidupannya.

    Sudah sekian lama kalender Suku Maya merupakan alternatif perhitungan waktu Kalender Gregogian yang sebagian besar digunakan oleh sebagian besar orang di dunia, sistem kalender maupun kalender Julian.

    Perancang kalender ini adalah peradaban Maya, di mana istilah ini merujuk untuk orang-orang yang berada di wilayah Amerika Tengah, Guatemala, Belize modern, Meksiko Tenggara, Honduras Barat, dan El Savador yang belum kedatangan penjajah dari Benua Biru saat itu.

    Kendati demikian, ramainya #kiamat juga diisi unggahan para warganet lain sebagai lucu-lucuan, baik dari foto-foto yang diposting maupun dalam bentuk video .

    Tetapi, ada pula yang mengingatkan kita bahwa hanya Allah SWT yang mengetahui kapan datangnya hari akhir umat manusia tersebut, kiamat.

    "Sejak kapan #kiamat ada revisi. Nabi Muhammad SAW aja kalau ditanya umatnya tentang kiamat jawabnya hanya Allah SWT yg tau. Lah ini malah manusia biasa pake ngeramal ngeralam segala. Jangan lupa sholat gerhana yank...," unggah @bonek4mu.

    Arti Kiamat

    Kiamat sendiri diartikan sebagai hari akhir yang juga disebut dengan istilah yaumul qiyamah, yaumul hisab, dan sebagainya. Kiamat secara istilah diartikan sebagai kehancuran alam semesta dan segala kehidupan di muka bumi, dibangkitkannya orang yang sudah mati, kemudian dihisab amal-amalnya.

    Tidak seorang pun yang tahu kapan hari kiamat akan terjadi, hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya. Kiamat disebutkan dalam berbagai surat di Alquran, yakni sural Al Qariah. Sedangkan beberapa dalil tentang hari kiamat di antaranya:

    QS Az zumar ayat 38

    “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).”

    QS Al Qariah ayat 1-11

    “Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan, adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan, adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Dan, tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.” (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tagar Kiamat Trending Topik, Kapan Itu Terjadi?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar