Tips Belanja Online Aman dari Penipuan

Daftar Isi

    LancangKuning - Seiring perkembangan teknologi dan kemudahan dalam berkomunikasi, berbelanja secara daring yang juga dikenal dengan istilah belanja online sangat digemari, terutama di tengah pandemi Corona Virus Deases 2019 atau Covid-19 saat ini.

    Berbelanja online dianggap sebagai solusi yang tepat untuk dapat memenuhi segala kebutuhan di tengah larangan untuk berkerumun di tempat umum, seperti pasar atau swalayan tengah gencar diterapkan di berbagai daerah di Indonesia.

    Betapa tidak? Memasuki era yang serba digital ini, segala kebutuhan dapat dipenuhi hanya dengan sekali klik melalui perangkat komputer, laptop maupun smartphone dimana dan kapan saja. Bahkan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan ketika stok di toko langganan tidak tersedia. Sebab, banyak pilihan dan toko yang dapat Anda kunjungi meski secara online dalam waktu singkat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sayangnya, kemudahan berbelanja ini justru dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk meraup keuntungan. Tak hanya itu, kejahatan siber yang sering dialami konsumen adalah penipuan berkedok toko online.

    Untuk itu, ada beberapa tips dan cara agar berbelanja online tetap nyaman dan aman dari penipuan, seperti berikut ini:

    1. Belanja di Toko Online Resmi

    Saat ini, tidak sulit untuk menemukan toko online yang menyediakan segala kebutuhan, mulai dari fashion hingga kebutuhan harian seperti sembako. Namun, sebaiknya tetap selektif dalam memilih toko online sebelum memutuskan untuk berbelanja.

    Meski sangat mudah dijumpai, bahkan di berbagai platform media sosial, berbelanja di toko online yang tidak resmi justru berisiko terjadinya penipuan. Sebab itu, pastikan memilih toko online atau e-commerce yang sudah berlisensi secara resmi dan dapat dipercaya.

    Toko online yang sudah terpercaya dan resmi tentunya hanya menyediakan barang-barang berkualitas. Dan yang terpenting, toko online resmi biasanya memberikan garansi atau jaminan keamanan konsumennya serta selalu memastikan barang yang dipesan sampai di tangan konsumen. Dengan demikian, Anda tidak akan terjebak oleh penipu yang berkedok toko online.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Periksa Informasi Tentang Toko Online

    Selanjutnya, periksa informasi terkait toko online secara detail. Mulai dari review konsumen yang pernah berbelanja di toko online tersebut, baik barang maupun layanan yang disediakan.

    Selain itu, pastikan informasi yang tertera atau deskripsi pada toko online tersebut lengkap, baik produk maupun alamat toko online, meski tidak memiliki toko secara fisik.

    Semakin baik review positif pada toko online tersebut, semakin dapat dipercaya pula oleh konsumen untuk nyaman dan aman dari penipuan.

    1. Periksa Deskripsi pada Produk

    Selain memeriksa deskripsi pada toko online, untuk memastikan benar dan tidaknya produk yang dijual sebaiknya periksa pula deskripsi pada produk sebelum memastikan membelinya.

    Selain itu, deskripsi yang jelas pada produk, seperti merk, ukuran, warna, dan lain sebagainya juga dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya. Sehingga, Anda tidak kecewa karena produk yang dipesan tidak sesuai dengan keterangan pada deskripsi produk tersebut. Jika hal tersebut terjadi, artinya Anda sudah menjadi korban penipuan berkedok toko online.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Gunakan Pembayaran Cash on Delivery (COD)

    Setelah, memastikan toko online serta produk yang akan dibeli aman dari penipuan, selanjutnya Anda dapat memilih pembayaran dengan sistem Cash On Delivery atau COD yang memungkinkan Anda membayar di tempat ketika produk sudah sampai di tangan Anda.

    Selain lebih aman daripada menggunakan sistem transfer dalam pembayaran, membayar dengan cara COD juga memudahkan Anda dalam memilih serta memeriksa kondisi produk sebelum membayar.

    Memang, tidak semua toko online menyediakan layanan pembayaran dengan sistem COD ini. Selain, harus membayar jasa kurir jarak yang ditempuh untuk mengantar produk pesanan Anda juga menjadi pertimbangan sejumlah toko online tidak menyediakan sistem pembayaran di tempat ini.

    Jika demikian, Anda dapat memilih toko online dengan alamat yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Sebab, biasanya toko online yang tidak jauh dari tempat tinggal atau berada di kota maupun daerah Anda, bersedia memberikan layanan dengan sistem pembayaran COD karena jarak yang ditempuh tidak jauh.

    Selain beberapa poin di atas, pastikan pula informasi terkait alamat pengiriman yang Anda gunakan sudah tepat. Sehingga, kurir dapat dengan mudah menemukan alamat Anda ketika mengantar produk yang Anda pesan.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Belanja Online Aman dari Penipuan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar