Kecamatan Tualang Dapat Program Sanimas, Bupati Siak Tinjau Lokasi

Daftar Isi

    Foto: Bupati tinjau lokasi pembangunan Sanimas dI Tualang

    Lancang Kuning, SIAK -- Tahun ini Kecamatan Tualang Kabupaten Siak mendapat 2 titik program  pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari Kementerian Pekerjaan Umum RI, yakni di RT 14 RW Kampung Perawang dan Kelurahan Tualang.

    Kamis (11/6/20), Bupati Siak H Alfedri, bersama Kepala Dinas PU Tarukim Irving Kahar dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman ( BPP) Wilayah Riau Ikhwanul Ikhsan meninjau dua lokasi tersebut

    Baca Juga: Kadiskes Riau: Pasien Positif Corona Tinggal 7 Orang

    "Program tersebut dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, dengan luas 3,5 meter x 12 meter yang akan dikerjakan pada tahun 2020 ini," tutur Alfedri.

    Menurut dia, program tersebut merupakan usulannya sebagai peningkatan kualitas lingkungan bersih di bidang sanitasi.

    Baca Juga: Novel Baswedan: Sebegitu Rusaknya Hukum di Indonesia

    Nantinya kata Alfedri, limbah buangan dari masyarakat akan diolah kembali melalui Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

    "Tentunya dengan program ini akan menata ruangan limbah rumah tangga masyarakat. Pengelolaannya secara biologis menggunakan bakteri, sehingga akan menjadi bersih,kata Alfedri.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Tidak hanya itu, perencanaan Sanimas diarea pembangunan IPAL tersebut nantinya akan dilakukan penataan semenisasi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

    "Untuk lebih memperindah, nantinya di RT 14, RW 06 ini selain pembangunan semenisasi akan dibangun taman yang dihiasi lampu-lampu, serta Pos Ronda. Sementara dikelurahan Perawang masyarakat meminta dibangun lapangan Batminton dan kolam ikan diarea IPAL tersebut,"terang mantan Camat Tualang tersebut.

    Baca Juga: Indonesia Bakal Uji Vaksin Covid-19 Kepada 1.620 Orang

    Sementara anggaran melalui dana APBN tersebut sudah turun, Alfedri menjelaskan pekerjaannya sudah mulai dikerjakan saat ini.

    "Untuk anggarannya telah dikirim oleh pusat sebesar Rp 500 juta. Kapasitasnya untuk 100 rumah tangga. Sistem pekerjaannya, dilakukan secara gotong royong dan sinergitas antara pemerintah siak dan kelompok pemberdayaan masyarakat,"sebut Alfedri dihadapan masyarakat yang turut hadir dalam peninjauan tersebut.

    Baca Juga: Banyak Istri Minta Cerai saat Pandemi Covid-19, Ternyata Ini Sebabnya

    Sementara Kepala BPP Wilayah Riau Ikhwanul Ikhsan menjelaskan, program tersebut upaya dari Kementerian PUPR sebagai target perencanaan 2015-2020 yang sebelumnya sudah di usulkan oleh Bupati Siak Alfedri.

    "Keberhasilan program 100-0-100 yakni target 100 persen akses air minum, nol persen bagi kawasan pemukiman kumuh dan 100 persen sanitasi layak, karena Bupati Siak langsung menjemput bola untuk kemajuan daeranya. Selain itu juga, Pak Alfedri mengusulkan program Kota Ku dan TPA,"sebut Kepala BPP Wilayah Riau tersebut.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Yang lebih menariknya lagi, kunjungan Alfedri tersebut menjadi rebutan ibu-ibu dan anak-anak.

    Dari bersalaman, hingga berfoto ria dengan Bupati yang kata masyarakat Siak ramah dan baik tersebut. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kecamatan Tualang Dapat Program Sanimas, Bupati Siak Tinjau Lokasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar