Cara Kota Wuhan Lakukan Jutaan Tes Virus Corona dalam Sehari

Daftar Isi

     

    Foto: BBC

     

    Lancang Kuning - Pekerja di lokasi pembangunan di kota Wuhan antri untuk menjalani tes COVID-19.
    Petugas kesehatan di kota Wuhan, kota virus corona berasal, mengatakan dalam waktu satu hari saja, yakni pada hari Jumat (22/5/2020), mereka sudah melakukan tes terhadap 1,47 juta orang.

    Tes Massal COVID-19 di Wuhan Pemerintah Wuhan mengatakan sudah melakukan tes terhadap 9 juta orang dalam 10 hari Pihak berwenang menggunakan metode "pool testing", cara yang cepat tapi kadang tidak akurat. Beberapa warga Wuhan takut tertular saat hendak mengantri untuk ditest.

    Baca juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Pihak berwenang mengatakan sehari sebelumnya 1 juta orang juga telah menjalani tes, sebagai bagian dari usaha kota tersebut mengetes 11 juta warga di sana.


    Sebagai perbandingan, Australia baru melakukan tes terhadap 1,19 juta orang hingga hari Jumat yang sama, sejak wabah mulai terjadi di bulan Januari.

    Senin kemarin (25/05), pihak berwenang di Wuhan mengatakan mereka sudah melakukan tes terhadap 9 juta orang dalam waktu 10 hari.

    Allen Cheng, direktur unit Epidemiologi dan Pencegahan Infeksi di Rumah Sakt Alfred di Melbourne mengatakan kepada ABC bahwa apa yang dilakukan oleh Wuhan merupakan hal "yang luar biasa".


    "Saya kira tidak pernah ada di tempat lain sebelumnya ada begitu banyak tes yang dilakukan," katanya, dilansir dari Viva (ABC/BBC)

    Jadi bagaimana pihak berwenang China melakukan hal tersebut?

    Apakah pengujian yang dilakukan bisa dipercaya hasilnya? Dan juga apakah melakukan tes terhadap semua warga adalah hal yang bagus untuk dilakukan?

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Residents wearing face masks line up for nucleic acid testings at a residential compound in Wuhan. Warga mengenakan masker antri untuk menjalani tes di kawasan pemukiman di Wuhan.

    Kapan dan mengapa tes ini dilakukan?

    Yang Zhanqiu, wakil direktur Departemen Biologi Patogen di Wuhan University minggu lalu mengatakan Pemerintah Wuhan memperluas pengetesan di bulan April dan melakukan tes terhadap kelompok warga tertentu.

    Baca Juga: Aturan The New Normal Indonesia, Ini Komentar Anggota DPR RI

    Untuk memastikan tidak adanya kasus yang tersembunyi, mulai 14 Mei lalu, Wuhan meluncurkan kampanye tes virus corona bagi 11 juta warga untuk mengetahui kondisi bagi mereka yang tidak memiliki gejala.

    Upaya ini dilakukan setelah pihak berwenang menyatakan adanya kasus baru pada tanggal 9-10 Mei, menjadi kasus pertama sejak Wuhan melonggarkan "lockdown" 8 April lalu.

    "Penting sekali dilakukan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui keadaan sekarang ini," kata Yang dari Wuhan University.

    A child reacts with her eyes closed while undergoing nucleic acid testing in Wuhan. Seorang anak perempuan yang menjalani tes COVID-19 di Wuhan, kawasan yang paling parah terkena virus tersebut di China.

    Bagaimana bisa melakukan jutaan tes begitu cepat?

    Pemerintah Wuhan menyiapkan paling sedikit 231 tempat pengetesan di berbagai lokasi di kota tersebut.

    Menurut harian Changjiang, petugas juga menyusuri kawasan sebagai lokasi pengetesan, termasuk pasar, untuk mencari mereka yang belum dites.

    Beberapa warga Wuhan dilaporkan khawatir jika mereka harus antri dan berada di tengah kerumunan malah membuat mereka bisa tertular virus.

    Bagi mereka yang tidak bisa datang ke lokasi pengetesan, seperti para lansia, maka petugas langsung datang ke rumah-rumah.

    A medical worker takes a swab from a resident for the coronavirus test during home visits in Wuhan. Petugas sengaja mendatangi warga yang lansia yang tidak bisa datang ke tempat tes umum.

    Baca Juga: Tidak Gunakan Masker Lalu Diberhentikan, Oknum Polisi Ini Ajak Teman Seprofesi Berkelahi


    Untuk melakukan tes dengan cepat, pihak berwenang menggunakan teknik yang disebut "pool testing", mengumpulkan sampel dari 10 orang dan melakukan satu tes.

    Bila tes itu positif, maka semua sampel dalam kelompok itu akan dites satu per satu.

    Menurut Professor Cheng di Melbourne model "pool testing" adalah strategi yang valid dan angka optimal besaran kelompok tergantung pada seberapa banyak yang positif."

    "Semakin jarang, maka kelompok 10 orang atau lebih merupakan cara yang efisien untuk menghemat sumber daya."

    "Tetapi bila angka positif 5-10 persen, maka jumlah kelompok harus diperkecil, karena kalau tidak semua tes harus diulang kembali."

    Menurut Health Times, antara tanggal 14 sampai 23 Mei, pihak berwenang di Wuhan sudah melakukan tes terhadap 6,6 juta orang, dan menemukan adanya 189 kasus positif dari mereka yang tidak memiliki gejala.

    Pengetesan ini menghabiskan biaya besar dan pemerintah Wuhan mengatakan mereka menganggarkan sekitar Rp2,2 triliun untuk mengetes 11 juta warga.

    Workers line up for medical workers to take swabs for the coronavirus test at a large factory in Wuhan. Apa yang dilakukan di Wuhan mengetes seluruh warga belum pernah dilakukan sebelumnya di tempat lain.

    Mengapa semua orang harus dites?

    Hari Sabtu, China melaporkan tidak ada kasus baru di negaranya untuk pertama kalinya sejak mengumumkan wabah virus corona di bulan Januari.

    Chen Xi, asisten profesor di Yale University di Amerika Serikat mengatakan kepada koran lokal Global Times jika banyak kota China yang memiliki jumlah penduduk yang besar, sehingga perlu untuk melacak penularan lewat tes besar-besaran.

    Apa yang dilakukan di Wuhan, kata Chen, penting untuk mencegah terjadinya penularan gelombang kedua.

    Tes dalam jumlah besar juga bermanfaat untuk memberi ketenangan bagi warga di Wuhan dan mempercepat proses bagi mereka untuk kembali ke sekolah atau bekerja.

    A baby with a face shield waits to board a plane at an airport in Wuhan. Bayi yang mengenakan masker wajah ini hendak menaiki pesawat di Bandara Wuhan minggu lalu.

    Tetapi tidak semua orang mendukung tes besar-besaran tersebut.

    Wu Zunyou, pakar epidemiologi di Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit China mengatakan kepada televisi nasional CCTV, jika tes besar-besaran ini tidaklah diperlukan.

    Wu mengatakan masalah utama yang harus ditangani adalah warga yang memang rentan terkena, bukan warga secara keseluruhan.

    "Melakukan tes terhadap semua orang tampaknya seperti ide bagus, namun sangat susah dilakukan."

    "Bahkan tes terhadap 100 ribu orang yang dilakukan di negara bagian Victoria, Australia telah membuat sejumlah laboratorium kewalahan, dan ada resiko munculnya kasus yang dinyatakan positif tapi salah," kata Professor Cheng dari Alfred Health. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kota Wuhan Lakukan Jutaan Tes Virus Corona dalam Sehari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar