Ponsel China Bisa Foto Tembus Pandang, Ternyata Ini Kuncinya

Daftar Isi

     

    Foto: OnePlus 8 Pro.

    Lancang Kuning – Ponsel China OnePlus ternyata menyimpan trik luar biasa pada kameranya. OnePlus 8 Pro memiliki kemampuan foto tembus pandang untuk jenis permukaan tertentu berkat kamera 5 megapiksel di belakang bodi ponsel itu.

    Kamera tersebut layaknya sinar X lantaran menggunakan sensor infra merah (IR) sehingga mampu menangkap cahaya yang tak bisa direkam oleh kamera lain pada umumnya.

    Baca Juga: Update Covid-19, Sembuh 4.324, Meninggal 1.191 dan Positif 18.010 Orang

    Menurut laporan The Verge, Senin, 18 Mei 2020, kemampuan itu sangat selektif, misalnya hanya bekerja pada plastik hitam yang sebenarnya sudah tembus pandang di cahaya normal. Trik ini ditemukan digunakan oleh pengguna Twitter Ben Geskin serta video dari kanal Unbox Theory.

    Untuk mengaktifkan cukup dengan membuka aplikasi kamera lalu geser ke filter warna Photochrom dan arahkan ke beberapa obyek hitam. Kendati demikian, OnePlus masih belum berkomentar soal trik ini termasuk cara kerjanya.

    Baca Juga: Pesawat Militer Kanada Jatuh Tabrak Rumah, Pilot Tewas

    Namun nampaknya proses kerja bergantung pada sensor infrared yang mengumpulkan jenis radiasi yang tidak terlihat oleh mata manusia. Sensor infra merah berada tepat di bawah cahaya spektrum elektromagnetik dan kadang-kadang disebut sebagai 'radiasi panas', alasannya karena itu yang dirasakan manusia akan efeknya.

    Dunia penuh dengan infra merah namun manusia tidak bisa melihat jadi tidak terlalu memikirkannya. Contohnya adalah sebagian energi Matahari yang datang dari Bumi datang sebagai infra merah. Beberapa perangkat yang bisa menangkap cahaya ini, di antaranya night vision google dan thermal camera.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Akan tetapi, ternyata ponsel high-end atau kelas atas juga mulai memasukkan sensor infra merah. Bukan hanya OnePlus 8 Pro, kamera TrueDepth pada ponsel-ponsel iPhone terbaru juga menggunakannya. Produk Apple menggunakan infra merah untuk memindai wajah pada fitur FaceID.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Cara ini bisa digunakan melihat gambar tembus panjang. Sebagai informasi, OnePlus 8 Pro dirilis pada 21 April 2020. Kamera depannya menggunakan 16MP dan empat kamera belakang yaitu 48MP (wide), 8MP (telephoto), 48MP (ultrawide), dan 5MP (depth).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ponsel China Bisa Foto Tembus Pandang, Ternyata Ini Kuncinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar