Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Begadang

Daftar Isi

    Lancang Kuning Setiap kita mungkin ada kalanya menghadapi begitu banyak tugas baik itu tugas kuliah, tuntutan pekerjaan maupun keadaan sehingga mengharuskan kita untuk begadang. Setiap kita tentu saja tidak ingin begadang, tapi apalah daya keadaan memaksa mau atau tidak mau harus begitu. Dalam kondisi begadang ini, maka porsi tidur tentu saja berkurang sehingga tubuh kita akan terganggu.

    Sangat tidak baik untuk kesehatan apabila kita terlalu sering begadang, terlebih lagi jika waktu tidur kita di malam hari tidak terpenuhi alias tidak tidur sama sekali di malam hari. Tubuh akan sangat lemas dan bisa menyebabkan konsentrasi terganggu serta banyak lagi efek jika begadang ini sering dilakukan. Seharusnya tubuh kita membutuhkan tidur di malam hari sekitar 6-8 jam untuk istirahat, namun ia tetap harus beraktivitas di malam hari yang menyebabkan waktu tidur berkurang. Kualitas tidur di malam hari tentu saja tidak akan bisa digantikan dengan tidur siang.

    Apabila kamu sudah terlanjur begadang terlebih lagi keadaan dan tuntutan yang mengharuskan, maka mengembalikan energi tubuh dan stamina menjadi baik adalah hal yang sangat penting diperhatikan agar kamu bisa beraktivitas dengan baik. Jika setelah begadang kamu membiarkan tubuh tentu akan sulit sekali untuk melakukan pekerjaan disebabkan tidak adanya energi dan stamina. Sementara dengan energi dan staminalah kita bisa melakukan hal apapun.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dilansir dari fimela, berikut ini adalah tips sederhana yang bisa kamu lakukan setelah begadang agar tubuh kamu tidak lemas. Tips ini bisa bekerja jika kamu tidak terlalu sering begadang, berikut beberapa tips tersebut:

    1. Mendapatkan paparan sinar matahari pagi

    Mata akan sangat sulit sekali untuk dibuka setelah begadang, karena biasanya anda akan dilanda oleh tasa kantuk yang luar biasa. Ketika kamu mengalami hal ini, maka usahakan tubuh kamu mendapatkan paparan sinar matahari agar rasa kantuk dan lemas ini berkurang. Rasa kantuk dan tubuh bisa lebih terjaga ketika terpapar sinar matahari pagi selain itu, sinar matahari juga menjadi sinyal pemicu serta mampu menggerakan tubuh untuk bisa siap memulai aktivitas di pagi hari dengan semangat.

    1. Minum dua gelas air putih setelah bangun

    Efek begadang memang membuat kita kesulitan untuk langsung bangun di pagi hari, untuk itu usahakan menyediakan air di samping tempat tidur dan siapkan alarm untuk membangunkan. Ketika alarm ini berbunyi, segera minum air putih untuk memulihkan cairan tubuh kamu. Pasalnya setelah begadang wajar saja cairan tubuh kita berkurang dan itu menyebabkan sulitnya kita berkonsentrasi. Maka, disarankan bahwa awalai hari kamu dengan melengkapi kebutuhan cairan tubuh sehingga akan mudah untuk terjaga.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Berolahraga ringan

    Tubuh akan terasa sangat tidak enek setelah begadang, bahkan ada beberapa otot yang kaku serta pikiran kesulitan dalam berkonsentrasi. Maka dari itu cobalah untuk melakukan olah ringan, tidak harus olahraga berat yang menguras tenaga. Kamu cukup melakukan gerakan ringan yang sekiranya bisa dilakukan dengan mudah untuk membuat tubuh aktif kembali.

    Misalnya kamu bisa dengan jalan-jalan santai beberapa saat atau sekedar melakukan peregangan otot dengan begitu bisa mengaktifkan kembali pikiran serta membuat segar. Penting sekali untuk kamu melakukan olahraga meskipun hanya olahraga ringan agar keseharain tubuh kamu tetap terjaga. Karena menjaga kesehatan tubuh setelah begadang itu sangat diharuskan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Lakukan power nap 

    Power nap merupakan aktivitas tidur dalam waktu cukup singkat sebelum menikmati tidur terlelap. Power nap ini cukup 20 menit saja, seperti mengambil jeda di siang hari untuk power nap. Meskipun sebenarnya tidur malam tidak bisa digantikan dengan tidur siang, paling tidak ini bisa membantu kamu beristirahat sejenak. Diharapkan dengan cara ini minimal bisa mengembalikan energi tubuh kamu sehingga bisa membantu kita untuk melewati hari dengan tetap semangat.

    Itulah beberapa tips bisa kamu lakukan setelah begadang agar tubuh tidak lemas dan tetap bisa beraktivitas di siang hari. Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan membantu kamu menjalani hari lebih berenergi dan semangat. Sekedar informasi dan saran, tidurlah dengan cukup dan hindari begadang karena keseringan begadang akan sangat tidak bagus sekali untuk kesehatan tubuh.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Begadang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar