Tips Diet Saat Puasa Agar Berat Badan Menurun

Daftar Isi

    Lancang Kuning Bagi sebagian kita mungkin pernah memiliki angan-angan bisa menurunkan berat badan di bulan Ramadahan, karena memang moment cukup tepat sekali. Meskipun demikian teman-teman jangan sampai salah dalam niat, tetap harus menjadikan niat puasa sebagai ibadah untuk mendapatkan pahala dari Allah Subhanahuwata’ala.

    Tidak ada salahnya ketika berpuasa juga ingin berusaha untuk menurunkan berat badan, tentu agar bisa mendapatkannya kamu harus tahu tips-tipsnya. Karena kalau hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tentu itu tidak akan bisa menurunkan berat badan Anda. Bahkan banyak orang ketika puasa bukan menurut yang ada berat badannya justru meningkat. Untuk itu penting sekali kamu mengetahui tips yang tepat.

    Berbicara mengenai tips diet ini sebenarnya hampir sama saja pola diet ramadhan dengan hari biasa. Dimana kamu tetap harus melakukan pola diet seimbang dengan mengkonsumsi asupan lemak, karbohidrat kopleks serta protein yang tepat ketika berbuka dan sahur. Apabila pola ini tidak diperhatikan tentu saja akan sulit mendapatkan keinginan menurunnya berat badan.

    Dilansir dari Sehatq berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan saat puasa:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Memenuhi asupan nutrisi secara baik

    Memenuhi asupan nutrisi pada tubuh secara baik selama berpuasa merupakan hal yang penting ketika menjalankan diet. Kamu harus memperhatikan bahwa makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka mempunyai nutrisi yang lengkap dan seimbang.

    Dalam memenuhi nutrisi seimbang ini kamu bisa mendapatkan dengan memenuhi karbohidrat, dimana karbohidrat ini bisa menjadi sumber energi kamu menjalani puasa. Makanan berkabohidrat yang bisa kamu konsumsi adalah nasi merah, kentang atau gandum utuh. Selain jangan lupa tambahkan lemak sehat dari alpukat, ikan salmon dan minyak zaitun.

    Selanjutnya memakan makanan yang mengadung protein tinggi, karena protein mampu menekan nafsu makan sehingga kamu tidak akan makan berlebihan ketika berbuka. Tidak lupa juga dilengkapi dengan makanan mengandung serat karena anda akan bisa kenyang lebih kama disebabkan tubuh membutuhkan waktu kama untuk menyerap dan mencernanya.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Hindari mengkonsumsi produk olahan

    Saat ini banyak sekali jenis makanan olah yang cukup menggiurkan, meskipun demikian sebaiknya anda menghindarinya. Makanan olahan ini membuat kita mudah lapar karena di dalamnya terdapat MSG, sodium, pemanis buatan dan lemak. Akan lebih baik kamu memakan makanan olahan sendiri dengan kandungan nustrisi yang cukup.

    1. Hindari makanan dan minuman manis

    Bulan puasa diidentik dengan makanan yang manis-manis, dimana kita bisa lihat banyak sekali olahan makanan yang manis-manis dijual di pasar Ramsdhan. Makanan atau minuman manis ini sejatinya bisa menambah energi dalam tubuh kita, namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan membahayakan.

    Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat menjadi faktor obesitas sehingga akan menggagalkan program diet kamu. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan manis berlebihan juga mendatangkan ragam penyakit diantaranya diabetes.

    1. Hindari makanan berminyak

    Selain makanan manis, makanan berminyak juga menjadi favorit saat berpuasa seperti ragam jajanan gorengan dan hal lainnya yang menggiurkan. Meskipun sangat menggiurkan kamu tidak disarankan mengkonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Makanan berminyak mengandung banyak sekali lemak, terutama lemak jenuh yang akan memicu kolesterol dan akhirnya bisa meningkatkan resiko terkenanya diabetes serta serangan jantung.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Makan secukupnya

    Banyak orang ketika berbuka puasa makan dengan berlebihan karena penat menahan haus dan lapar sehari sehingga semua menu yang tersaji ingin dicicipi. Bahkan ada yang menjadikan waktu berbuka sebagai balas dendam setelah seharian berpuasa. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, tentu saja ini tidak disarankan. Makanlah secukupnya dengan melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

    1. Makan Perlahan

    Karena waktu berbuka untuk sebagian orang menjadi ajang balas bandan tidak sedikit kita jumpai mereka melahap makanan dengan kencang. Perlu diketahui hal ini sangat tidak bagus, karena mengkonsumsi makanan yang banyak dalam waktu singkat akan membuat perut anda tidak nyaman. Sebab itulah, bagi kamu yang tengah menjalani program diet usahakan makan secara perlahan dicicil-cicil dan tetap utamakan kurma atau air putih terlebih dahulu.

    1. Minum air putih yang cukup

    Ketika kamu kurang dalam mengkonsumsi air putih itu akan menyebabkan tubuh kamu kekurangan cairan dan bisa berdampak kepada dehidrasi. Untuk selama berpuasa penuhi kebutuhan air putih untuk tubuh anda minimal 8 gelas dalam sehari yang bisa anda sesuaikan di waktu berbuka hingga sahur. Untuk memudahkan ada sebuah rumus yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika berbuka dan 2 gelas sebelum kamu tidur.

    1. Berolahraga serta tidur yang cukup

    Mendengarkan kata berolahraga ketika puasa mungkin sepertinya melelahkan dan rasa tidak akan sanggup untuk dilakukan. Berpuasa bukan sebuah alasan yang membuat kamu malas berolahraga. Kamu bisa berolahraga di waktu subuh atau menjelang berbuka dengan gerakan ringan. Selain olahraga, tidur yang cukup juga dipentingkan menjaga pola diet kamu agar berhasil selama berpuasa. Hindari kebiasaan begadang karena itu akan membuat kamu cepat lelah dan mudah mengantuk di siang hari sehingga akan mempersulit program diet kamu.

    Itulah beberapa tips diet yang bisa kamu coba selama berpuasa ketika hendak menurunkan berat badan. Suatu keinginan yang kuat dan diiringi usaha yang maksimal tentu tidak menutup kemungkinan hasilnya juga akan sangat maksimal. Karena itu bersungguh-sungguhlah dalam melakukan sesuatu dan jangan lupa tetap niatkan puasa paling utama untuk ibadah bukan diet. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Diet Saat Puasa Agar Berat Badan Menurun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar