Unsur-Unsur Gambar Konstruksi Geometris

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Interpretasi yang ketat dari konstruksi geometrik memungkinkan penggunaan hanya kompas dan instrumen untuk menggambar garis lurus, dan dengan ini, geometer, mengikuti teori matematika, menyelesaikan solusinya. Dalam gambar teknik, prinsip-prinsip geometri digunakan secara konstan, tetapi instrumen tidak terbatas pada dua dasar seperti T-kuadrat, segitiga, skala, kurva, dll digunakan untuk membuat konstruksi dengan kecepatan dan akurasi.

    Karena ada penerapan berkelanjutan dari prinsip-prinsip geometris, metode yang diberikan dalam topik ini harus dikuasai secara menyeluruh. Diasumsikan bahwa siswa yang menggunakan buku ini memahami elemen-elemen geometri bidang dan akan dapat menerapkan pengetahuan mereka.

    Konstruksi yang diberikan di sini memberikan latihan yang sangat baik dalam penggunaan instrumen. Ingatlah bahwa hasil yang Anda peroleh hanya seakurat keterampilan yang Anda buat. Berhati-hatilah dalam mengukur dan menggambar sehingga gambar Anda akan akurat dan profesional dalam penampilan. Jenis Nomenclature Geometric :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Poin Di Luar Angkasa Titik adalah lokasi yang tepat di ruang angkasa atau di permukaan gambar.
      Suatu titik sebenarnya diwakili pada gambar dengan silang di lokasi tepatnya. Titik tepat di ruang angkasa adalah di mana kedua garis silang saling bersilangan. Ketika suatu titik terletak pada garis yang ada, sebuah garis putus-putus atau garis silang yang pendek ditempatkan pada garis di lokasi titik yang tepat. Jangan pernah menunjukkan titik pada gambar dengan titik; kecuali untuk membuat sketsa lokasi.
    2. Line Garis adalah elemen lurus yang tidak memiliki lebar, tetapi panjangnya tak terbatas (besarnya), dan mereka dapat ditemukan oleh dua titik yang tidak berada di tempat yang sama tetapi jatuh di sepanjang garis. Garis mungkin garis lurus atau garis melengkung. Garis lurus adalah jarak terpendek antara dua titik. Itu bisa ditarik ke segala arah. Jika sebuah garis tidak pasti, dan ujung-ujungnya tidak tetap panjangnya, panjang sebenarnya adalah masalah kenyamanan.
      Jika titik akhir suatu garis penting, mereka harus ditandai dengan palang kecil yang ditarik secara mekanis, seperti dijelaskan oleh pint di ruang angkasa. Garis lurus dan garis lengkung dianggap sejajar jika jarak terpendek di antara keduanya tetap konstan. Garis, yang bersinggungan dan pada 90⁰ dianggap tegak lurus.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Angle Sudut dibentuk oleh persimpangan dua garis. Ada tiga jenis utama sudut: sudut kanan, sudut akut dan sudut sudut tumpul. Sudut kanan adalah sudut 90⁰, yang akut Sudut adalah sudut kurang dari 900, dan sudut tumpul adalah Sudut lebih dari 90⁰, garis lurus 180⁰. Simbol untuk sudut adalah <(tunggal) dan <'s (Plural).
    2. Segitiga Segitiga adalah gambar bidang tertutup dengan tiga sisi lurus dan sudut interiornya berjumlah 1800. Berbagai jenis segitiga: segitiga kanan, segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga miring tumpul.
    3. Quadrialteral Itu adalah sosok pesawat yang dibatasi oleh empat sisi lurus. Ketika sisi yang berlawanan adalah paralel, segi empat juga dianggap sebagai genjang.
    4. Poligon Poligon adalah gambar bidang tertutup dengan tiga atau lebih sisi lurus. Yang paling penting dari poligon-poligon ini berkaitan dengan perancangan mungkin adalah segitiga dengan tiga sisi, persegi dengan empat sisi, segi enam dengan enam sisi, dan segi delapan dengan delapan sisi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Lingkaran Lingkaran adalah kurva tertutup dengan semua titik pada lingkaran pada jarak yang sama dari titik pusat. Komponen utama lingkaran adalah diameter, jari-jari dan keliling. Diameter lingkaran adalah jarak lurus dari satu permukaan melengkung luar melalui titik pusat ke permukaan melengkung luar yang berlawanan. Jari-jari lingkaran adalah jarak dari titik pusat ke permukaan melengkung luar. Jari-jarinya setengah diameter, dan digunakan untuk mengatur kompas saat menggambar diameter.

    Sudut pusat: adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis radial dari pusat lingkaran. Sektor: adalah area lingkaran yang terletak di antara dua garis radial dan keliling. Kuadran: adalah sektor dengan sudut tengah 900 dan biasanya dengan salah satu garis radial yang berorientasi horizontal. Kunci: adalah garis lurus yang ujungnya berakhir pada keliling lingkaran. Segmen: adalah bagian kecil dari lingkaran yang dipisahkan oleh akor. Lingkaran konsentris adalah dua atau lebih lingkaran dengan titik pusat bersama. Lingkaran eksentrik adalah dua atau lebih lingkaran tanpa titik tengah yang sama.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unsur-Unsur Gambar Konstruksi Geometris
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar