Manfaat Kultur Jaringan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Manfaat dari kultur jaringan diantaranya seperti dapat memperbanyak jumlah tanaman yang tidak bisa ataupun sulit untuk diperbanyak. Yang biasanya dilakukan dengan cara vegetatif. Manfaat berikutnya ialah tanaman dapat ditanam setiap tahunnya. Berikutnya manfaat yang diberikan dari kultur jaringan ialah dapat memperbanyak jumlah klon dengan baik dan tepat. 

    Menurut beberapa ahli manfaat yang paling umum dan utama dari adanya kultur jaringan ialah memperbanyak jumlah dari tanaman secara massal, atau memperbanyak jumlah dari klon yang dimiliki tanaman. Penjelasan mengenai setiap manfaat dari kultur jaringan yang telah disebutkan diatas ialah sebagai berikut.

    Yang pertama ialah, manfaat dari dapat memperbanyak jumlah tanaman yang tidak bisa ataupun sulit untuk diperbanyak, dengan manfaat ini cara kultur jaringan akan dapat memanipulasi apa yang terdapat di dalam kultur jaringan. Mulai dari cahaya, kemudian hormon dan juga suhu. Dengan melakukan manipulasi tersebut maka perbanyakan dapat dilakukan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan demikian, maka tanaman yang sulit untuk diperbanyak maupun terhadap tanaman yang juga sulit untuk diperbanyak akan dapat dilakukan. Manfaat berikutnya ialah tanaman dapat ditanam setiap tahunnya. Manfaat ini memberikan kesempatan bagi para penanam agar dapat melakukan kegiatan tanam-menanamnya tanpa bergantung pada musim tertentu.

    Dengan demikian, akan terdapat banyak kesempatan untuk melakukan penanam setiap waktu maupun tahun yang kita inginkan. Adanya waktu yang bebas tersebut untuk menanam menjadikannya sebagai keuntungan dan peluang keberhasilan. Manfaat selanjutnya ialah, dapat memperbanyak jumlah klon dengan baik dan tepat.

    Manfaat ini memberikan hasil untuk satu jenis tanaman yang dapat diperbanyak dalam waktu yang tidak lama. Memiliki sebuah prinsip bahwa dengan memanfaatkan kultur jaringan ini maka setiap sel akan dapat melakukan regenerasi. Dan tanaman yang telah meregenerasi tersebut akan memiliki keunggulan. Manfaat berikutnya yaitu, dengan metode penanaman kultur tanaman akan dapat memberikan tanaman bebas dari virus dalam jumlah besar.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Kultur jaringan sendiri ialah suatu teknik untuk melakukan penanaman dengan cara-cara tertentu yang memanfaatkan kultur jaringan tersebut. Kultur jaringan menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan penanaman. Dengan cara ini diperoleh sejumlah keuntungan dan juga berbagai manfaat yang dapat berguna untuk memudahkan dan tentunya memberikan hasil yang baik serta optimal.

    Cara ini memberikan hasil yang cukup baik sehingga banyak yang menggunakan teknik ini untuk melakukan kegiatan tanam-menanam. Selain itu, metode ini sangat cocok untuk digunakan setiap tahunnya tanpa bergantung dari musim tanam.

    Oleh karena itulah, tindakan menanam dengan teknik ini banyak digunakan dan dimanfaatkan terutama untuk seorang petani guna meningkatkan hasil tanam yang berlimpah dan juga mendapatkan keuntungan yang berlimpah pula. Dengan sejumlah manfaat serta hasil yang besar yang kemungkinan akan didapat menjadi alasan orang banyak memanfaatkan teknik ini untuk melakukan kegiatan penanaman.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kultur jaringan memanfaatkan suatu teknik yakni memperbanyak jumlah klon yang dimiliki dari tanaman. Dan tentunya memiliki beberapa syarat agar cara ini dapat berhasil. Syarat tersebut antara lain tanaman harus memiliki sifat yang sama antara satu sama lain. Selain memiliki keuntungan serta sejumlah manfaat bukan berarti teknik kultur jaringan tidak memiliki kelemahan atau kekurangan.

    Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Begitu juga dengan teknik kultur jaringan yang dimanfaatkan untuk kegiatan menanam. Tentunya teknik ini memiliki kekurangan, kerugian serta beberapa efek samping yang akan terjadi. Oleh karena itu, untuk menerapkan cara ini perlu ketelitian dan juga ketepatan sehingga didapatkan hasil yang kita inginkan.

    Untuk itulah penerapan kultur jaringan perlu perawatan khusus dan tentunya akan membutuhkan biaya yang besar untuk dapat melakukannya. Meskipun memiliki sejumlah kerugian tersebut cara kultur jaringan ini tetap menjadi andalan untuk melakukan kegiatan penanaman.  (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Kultur Jaringan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar