Jenis dan Karakteristik Bahan Logam Ferro

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Logam besi mengandung zat besi, dan dikenal karena kekuatannya. Pikirkan baja, baja tahan karat, baja karbon, besi cor. Logam besi juga memiliki kandungan karbon tinggi, yang umumnya membuatnya rentan terhadap karat. Pengecualiannya adalah stainless steel, karena kromium, dan besi tempa karena kandungan besi murni yang tinggi. Karena konduktivitas listriknya yang sangat baik, ia menemukan aplikasi dalam rangkaian listrik sebagai konduktor. Konduktivitasnya adalah yang kedua setelah perak. Ini juga memiliki konduktivitas panas yang sangat baik.

    Berbagai Jenis Logam

    Selain logam ferro, kami memiliki banyak pilihan logam non-ferro. Masing-masing memiliki kualitas tertentu yang membuatnya berguna dalam industri yang berbeda.

    • Aluminium

    Aluminium terutama berasal dari bauksit bijihnya. Ringan, kuat, dan fungsional. Ini adalah logam yang paling luas di Bumi dan penggunaannya telah meresap ke mana-mana. Ini karena sifat-sifatnya seperti daya tahan, ringan, ketahanan korosi, konduktivitas listrik dan kemampuan untuk membentuk paduan dengan sebagian besar logam. Itu juga tidak menarik dan mudah dikerjakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Tembaga

    Ketika berbicara tentang berbagai jenis logam, tembaga dan paduannya tidak dapat diabaikan. Ia memiliki sejarah panjang karena mudah dibentuk. Bahkan hari ini, ini adalah logam penting dalam industri. Itu tidak terjadi di alam dalam bentuknya yang murni. Oleh karena itu, peleburan dan ekstraksi dari bijih diperlukan.

    • Kuningan

    Kuningan adalah paduan tembaga dan seng. Jumlah masing-masing logam dapat bervariasi tergantung pada sifat listrik dan mekanik yang dicari dari logam. Ini sangat diperlukan dalam aplikasi yang secara intrinsik aman untuk mencegah percikan api dan memungkinkan penggunaan di lingkungan yang mudah terbakar.

    • Perunggu

    Perunggu juga merupakan campuran tembaga. Tapi bukannya seng, perunggu mengandung timah. Perunggu itu rapuh, keras, dan tahan lelah dengan baik. Bronze menemukan aplikasi dalam pembuatan cermin dan reflektor. Karena ketahanannya terhadap korosi, ia menemukan penggunaan di bagian yang tenggelam dan alat kelengkapan kapal.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    • Titanium

    Logam rekayasa yang penting karena kuat dan ringan merupakan pengertian dari titanium. Ini juga memiliki stabilitas termal yang tinggi bahkan pada suhu setinggi 480 derajat Celcius.

    • Seng

    Seng adalah logam yang tersebar luas dan banyak digunakan di sektor medis dan industri. Ini melindungi baja dari korosi. Karena seng memiliki potensi elektrokimia yang rendah, penggunaannya mencakup aplikasi kelautan untuk mencegah korosi logam lain melalui perlindungan katodik. Anoda seng kurban dapat melindungi katup, saluran pipa, dan tangki.

    • Memimpin

    Timbal adalah logam yang sangat tahan terhadap korosi. Perpipaan dan cat mewakili beberapa use case. Timbal digunakan sebagai agen anti-knocking dalam bensin. Timbal masih umum dalam amunisi, aki mobil, proteksi radiasi, angkat beban, selubung kabel dll.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Karakteristik logam besi

    Logam besi termasuk baja ringan, baja karbon, stainless steel, besi cor, dan besi tempa. Logam-logam ini terutama digunakan untuk kekuatan tarik dan daya tahan, terutama baja ringan yang membantu menahan gedung pencakar langit tertinggi dan jembatan terpanjang di dunia.

    Anda juga dapat menemukan logam besi di konstruksi perumahan, wadah industri, pipa skala besar, mobil, rel untuk kereta api dan transportasi, sebagian besar alat dan perangkat keras yang Anda gunakan di sekitar rumah, dan pisau yang Anda masak di rumah. Karena tingginya jumlah karbon yang digunakan saat membuatnya, sebagian besar logam dan paduan besi rentan terhadap karat saat terkena elemen.

    Meskipun ini tidak berlaku untuk besi tempa, yang sangat murni dari besi sehingga tahan terhadap oksidasi, atau baja tahan karat, yang dilindungi berkat kandungan kromiumnya yang tinggi, itu adalah aturan praktis yang baik jika Anda melihat karat, itu adalah logam besi . Sebagian besar logam besi juga memiliki sifat magnetik, yang membuatnya sangat berguna dalam pembuatan motor besar dan peralatan listrik.  ( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis dan Karakteristik Bahan Logam Ferro
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar