Mekanika Teknik : Elemen-elemen Struktur

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Mekanika adalah ilmu fisika yang mempelajari keadaan status dari suatu benda, baik benda tersebut dalam keadaan diam atau bergerak akibat pengaruh gaya-gaya yang bekerja. Ilmu mekanika ini sangat penting perannya dalam sistem analisis yang menerapkan kaidah ilmu dalam melakukan sesuatu, dan seringkali orang menyebut bahwa awal dari rekayasa adalah mekanika. ilmu mekanika tergolong ilmu fisika yang paling tua dibandingkan ilmu-ilmu fisika yang lain.

    Pada dasarnya ilmu mekanika dibagi menjadi tiga kelompok dan pengelompokan ini berdasarkan sifat dari materi-materi pembangun bendanya, yaitu mekanika benda padat (solid body), mekanika kontinum, mekanika fluida (gas atau cairan). Mekanika benda padat dibagi menjadi dua yaitu statika benda kaku, dinamika benda kaku.

    Statika benda kaku dimana benda tersebut dapat dianggap kaku sempurna (rigid) dan pengaruh dari gaya-gaya luar yang dapat bekerja pada benda tidak akan menyebabkan timbulnya percepatan translasi atau percepatan sudut, jadi benda masih dalam keadaan diam kalau benda tersebut awalnya diam dan bergerak translasi dengan kecepatan konstan kalau benda tersebut awalnya bergerak. Dinamika benda kaku dimana benda dianggap kaku sempurna (rigid) dan pengaruh gaya-gaya luar yang bekerja pada benda menyebabkan timbulnya percepatan translasi atau percepatan sudut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Prinsip dasar dari mekanika pada ruang ialah daerah yang dapat diperluas ke segala arah. Pada waktu yaitu ukuran dan segala kejadian-kejadian yang saling berurutan. Prinsipnya pada gaya dari aksi dan suatu benda ke benda yang lain, atau suatu aksi yang cenderung dapat mengubah keadaan diam dan suatu benda di sekitarnya yang dikenainya. Pada materi, zat yang menempati ruang.

    Pada inersia terdapat dari sifat atau perilaku dari materi yang menyebabkan tahanan atau hambatan terhadap perubahan gerak. Ukuran kuantitatif dan inersia disebut massa. Pada benda, materi yang dibatasi oleh suatu permukaan yang tertutup. Diagram Benda Bebas adalah penggambaran dari suatu benda yang diisolasi dengan mengikutsertakan semua gaya luar (gaya aksi maupun reaksi) yang bekerja padanya.

    Skalar adalah suatu kuantitas yang hanya memiliki besar, tanpa punya arah, misalnya: massa waktu, volume, laju (speed), dan energi. Dan prinsip dasar mekanika vektor adalah dari suatu kuantitas yang memiliki besar dan arah. Misalnya gaya, momen, kopel, kecepatan (velocity), percepatan dan momentum.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Elemen-elemen struktur dari mekanika berdasarkan klasifikasi dan elemennya antara lain sebagai berikut:

    1. Klasifikasi struktur berdasarkan geometri dan bentuk dasarnya :
    1. Elemen garis adalah elemen yang panjang dan langsing dengan potongan melintang nya lebih kecil dibandingkan ukuran panjangnya. Elemen garis ini pada dasarnya dapat dibedakan menjadi beberapa elemen pula yaitu elemen lurus dan elemen melengkung.
    2. Elemen permukaan adalah elemen yang ketebalannya lebih kecil dari pada ukuran panjang nya. Elemen datar dapat berupa datar atau lengkung. Pada elemen lengkung ini bisa berupa lengkung tunggal atau lengkung ganda.
    1. Klasifikasi struktur berdasarkan karakteristik kekakuan elemen :

     Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Elemen kaku, biasanya sebagai elemen yang tidak mengalami perubahan bentuk yang cukup besar apabila mengalami tekanan beban.
    2. Elemen tidak kaku atau fleksibel, misalnya kabel yang berubah menjadi bentuk tertentu pada suatu kondisi yang dibebankannya. Struktur dari elemen fleksibel ini biasanya akan mempertahankan keutuhan fisik nya meskipun bentuknya sering berubah-ubah.
    1. Klasifikasi struktur berdasarkan susunan elemen :
    1. System satu arah, dengan mekanisme transfer beban dari struktur untuk menyalurkan ke tanah merupakan aksi satu arah saja. Sebuah balok yang dapat terbentang pada dua titik tumpuan merupakan salah satu contoh dari system satu arah.
    2. System dua arah dengan system bersilang yang terletak diantara dua titik tumpuan dan tidak terletak diatas garis yang sama.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mekanika Teknik : Elemen-elemen Struktur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar