Jelaskan Fungsi Dari Simulasi Digital

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Simulasi adalah perkiraan imitasi dari operasi suatu proses atau sistem yang mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk penyesuaian atau pengoptimalan kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan permainan video. Seringkali, eksperimen komputer digunakan untuk mempelajari model simulasi.

    Simulasi juga digunakan dengan pemodelan ilmiah sistem alami atau sistem manusia untuk mendapatkan wawasan tentang fungsinya, seperti dalam ekonomi. Simulasi dapat digunakan untuk menunjukkan efek nyata akhirnya dari kondisi alternatif dan tindakan.

    Simulasi juga digunakan ketika sistem nyata tidak dapat diaktifkan, karena mungkin tidak dapat diakses, atau mungkin berbahaya atau tidak dapat diterima untuk terlibat, atau sedang dirancang tetapi belum dibangun, atau mungkin saja tidak ada.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Masalah utama dalam simulasi termasuk perolehan sumber informasi yang valid tentang pemilihan karakteristik dan perilaku kunci yang relevan, penggunaan penyederhanaan perkiraan dan asumsi dalam simulasi, dan kesetiaan dan validitas hasil simulasi. Prosedur dan protokol untuk verifikasi dan validasi model adalah bidang studi akademis, penyempurnaan, penelitian dan pengembangan yang sedang berlangsung dalam teknologi atau praktik simulasi, khususnya dalam pekerjaan simulasi komputer.

    Simulasi Komputer

    Apa Itu Simulasi Digital

    Pada dasarnya, mensimulasikan pengalaman secara digital berarti membuatnya dalam lingkungan virtual. Lingkungan virtual ini dapat berupa apa saja mulai dari aplikasi di smartphone, tablet atau komputer, hingga augmented reality atau virtual - dan berbagai teknologi menawarkan batasan dan peluang yang sangat berbeda. Tapi pertama-tama, kita perlu melihat mengapa kita bahkan repot-repot dengan simulasi.

    • Mengapa kita perlu simulasi?

    Simulasi sangat bagus untuk melatih situasi yang sulit diciptakan dalam kehidupan nyata. Contoh yang baik adalah pendidikan kesehatan dan keselamatan teknisi layanan lepas pantai - mereka perlu dilatih dalam menangani cacat teknis dan situasi berbahaya, dan simulasi memungkinkan mereka untuk mempraktikkan situasi ini di lingkungan yang bebas bahaya. Membuat simulasi digital daripada analog hanya membuat seluruh proses pelatihan lebih murah dan lebih mudah untuk tetap benar-benar mutakhir.

    Baca juga : Jenis Jenis Atau Macam Macam Presentasi Video

    Simulasi Digital

    metode investigasi fenomena nyata, proses, perangkat, atau sistem yang didasarkan pada studi model matematika dengan bantuan komputer digital. Program yang dijalankan oleh komputer juga merupakan semacam model subjek investigasi. Bahasa simulasi berorientasi masalah khusus digunakan dalam simulasi digital.

    CSMP, yang dikembangkan di AS pada 1960-an, adalah contoh bahasa yang umum digunakan. Simulasi digital dibedakan oleh kejelasan representasi dan ditandai oleh otomatisasi tingkat tinggi dari penyelidikan fenomena nyata, proses, perangkat, atau sistem.

    Keuntungan Dan Kerugian Dari Simulasi

    Simulasi adalah pendekatan yang digunakan paling umum dalam dua situasi.

    Situasi pertama adalah ketika ketidakpastian tinggi karena data yang jarang. Salah satu contohnya adalah simulasi suku Indian kuno, Anasazi, yang merupakan budaya yang hidup antara abad ke-9 dan ke-14. Sulit menjalankan analisis khas pada data yang tersedia terbatas tentang Anasazi sehingga peneliti menggunakan simulasi untuk mencoba memahami apa yang terjadi pada suku.

    Penggunaan umum kedua dari simulasi adalah untuk eksperimen di lingkungan berbiaya rendah dan berisiko rendah. Para peneliti di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) mensimulasikan partikel yang bertabrakan di Large Hadron Collider sebelum mereka memvalidasi perkiraan mereka dalam collider dunia nyata yang mahal di Swiss. Contoh yang lebih umum termasuk pilot maskapai penerbangan yang berlatih dengan simulator penerbangan dan dokter yang belajar tentang pasien uji.

    Kedua aplikasi simulasi ini sangat membantu para ilmuwan dan peneliti, tetapi mereka memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangan. Kami telah mengelompokkan keuntungan dan kerugian ini ke dalam tiga area luas yang terkait dengan teknologi, proses, dan sosialisasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Keuntungan

    • Itu bisa menghindari bahaya dan kehilangan nyawa.
    • Kondisi dapat bervariasi dan hasil diselidiki.
    • Situasi kritis dapat diselidiki tanpa risiko.
    • Itu hemat biaya.
    • Simulasi dapat dipercepat sehingga perilaku dapat dipelajari dengan mudah dalam jangka waktu yang lama.
    • Simulasi dapat diperlambat untuk mempelajari perilaku lebih dekat.

    Kekurangan

    • Mungkin mahal untuk mengukur bagaimana satu hal mempengaruhi yang lain, untuk melakukan pengukuran awal dan untuk membuat model itu sendiri (seperti terowongan angin aerodinamis).
    • Untuk mensimulasikan sesuatu, diperlukan pemahaman yang menyeluruh dan kesadaran akan semua faktor yang terlibat. Tanpa ini, simulasi tidak dapat dibuat.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jelaskan Fungsi Dari Simulasi Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar