Penjelasan Fungsi Komunikasi Daring

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Fungsi dari komunikasi daring salah satunya ialah, menyampaikan pesan dan juga informasi. Selain menyampaikan pesan dan juga sebuah informasi, komunikasi daring juga digunakan untuk dapat mengatur sebuah pesan dan juga informasi.

    Komunikasi daring sendiri memiliki penjelasan sebagai bentuk komunikasi yang ada dalam suatu jaringan sesuai dengan singkatannya yaitu daring, yang memiliki kepanjangan dalam jaringan. Bentuk dari komunikasi ini ialah prosesnya yang bekerja dengan menggunakan perangkat jaringan internet untuk medianya. Ada juga yang mengatakan, komunikasi ini ialah bentuk dari komunikasi yang terdapat di dunia maya . Komunikasi ini memiliki sejumlah sejarah mengenai perkembangannya. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Komunikasi ini memiliki banyak sekali fungsi selain, berfungsi untuk menyampaikan informasi terdapat fungsi lainnya seperti, motivasi, mengekspresikan sebuah emosi, memangkas waktu, menghemat pengeluaran atau biaya, bisa dilakukan dimana saja, bisa dilakukan kapan saja, berfungsi untuk ilmu-ilmu teknologi, partisipasi, tempat mengembangkan ide, kehidupan sosial, kebutuhan negara, sebagai motivasi, pemberi dorongan atau dukungan, dan fungsi-fungsi lainnya.

    Penjelasan mengenai fungsi-fungsi tersebut ialah sebagai berikut. Dimulai dari fungsi motivasi, dengan adanya suatu komunikasi akan memberikan dampak yang baik untuk seseorang. Seperti menumbuhkan rasa semangat, sehingga dengan adanya semangat seseorang nantinya akan lebih berkembang sejalan dengan perkembangan komunikasi tersebut. bentuk komunikasi ini khususnya dikantor memberikan dampak yang positif untuk seorang karyawan yang bekerja.

    Semangat memberikan pengaruh yang besar untuk hasil kerja seseorang. Fungsi berikutnya yang diberikan oleh komunikasi ini ialah sebagai pemberi dorongan. Sesorang akan lebih mudah dan nyaman dalam mengerjakan sesuatu jika ia dalam kondisi atau situasi yang baik. Hal ini nantinya akan memberikan seseorang agar melakukan pekerjaan yang lebih dan hasilnya baik.

    Baca juga : Kelebihan Komunikasi Daring

    Contohnya bisa kita lihat dari penulis, seorang penulis akan lebih bersemangat dengan adanya kemajuan dari teknologi komunikasi serta informasi. Karena, kemajuan tersebut akan memberikan kemudahan bagi seorang penulis untuk menyampaikan inspirasi-inspirasi yang ia miliki. Fungsi selanjutnya terhubung dengan fungsi memberikan dorongan. Fungsi ini ialah sebagai pengembangan ide.

    Pengembangan ide ada karena suatu kemajuan, pengembangan ide memberikan ruang yang terbuka untuk sesorang yang ingin berkarya, dan menyampaikan ide yang ia miliki kepada orang lain. Fungsi berikutnya ialah memangkas waktu. Dengan adanya komunikasi ini memberikan sesorang cukup waktu luang. Sehingga tidak perlu banyak membuang waktu dalam mengerjakan dan menjalankan sesuatu.

    Karena, komunikasi ini bisa dilakukan dimana saja maka tentunya akan memudahkan kita. Fungsi ini berkaitan dengan fungsi sebelumnya yaitu memangkas waktu. Karena, kita dapat melakukan komunikasi dimana saja tentunya waktu yang kita miliki tidak akan terbuang sia-sia. Fungsi selanjutnya juga saling terhubung dengan kedua fungsi barusan.

    Selain dapat memangkas waktu dan dapat dilakukan dimana saja komunikasi ini juga bisa dilakukan kapan saja. Karena komunikasi ini bisa kita lakukan kapan saja maka waktu mengerjakannya akan lebih terarah dan sesuai dengan keinginan kita. Ketiga fungsi diatas akan menghasilkan dampak yang baik, dampak baik tersebut ialah dapat menghemat pengeluaran.

    Ketiga fungsi diatas saling terhubung, dan hubungan tersebut akan menguntungkan dan menghasilkan sesuatu yang efektif dan tepat. Komunikasi ini dapat memangkas pengeluaran, hal ini dapat kita ketahui dari contoh sebelumnya yakni kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh tanpa harus ke lokasi. Fungsi berikutnya, seseorang dapat mengekspresikan emosi yang ia miliki.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Contohnya dapat kita lihat dari beberapa kegiatan yang terdapat di media sosial. Misalnya whatsapp, instagram, dan juga facebook.  Fungsi ini sebenarnya dapat berdampak balik. Maksudnya dapat berdampak negatif jika tidak digunakan dengan baik dan bijaksana. Fungsi ini bisa berdampak negatif maupun positif bergantung dari cara menggunakannya.

    Fungsi dari komunikasi ini juga dapat dijadikan sebagai pengendali. Maksudnya dalam berkomunikasi kita juga diawasi dalam berkomunikasi melalui beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh menteri komunikasi sebagai bentuk pengendaliannya. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penjelasan Fungsi Komunikasi Daring
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar